Kamu wajib tahu, Layar AMOLED vs IPS LCD Apa Bedanya?, Mana yang Lebih Baik?

MyPonsel.Com, Kamu wajib tahu, Layar AMOLED vs IPS LCD Apa Bedanya?, Mana yang Lebih Baik? – Salah satu komponen yang selalu dilihat pertama kali dalam membeli handphone, tablet atau laptop adalah layar. Layar adalah bagian terpenting dari smartphone, tablet atau laptop.

Sekarang ada dua teknologi tinggi pembuatan layar terpopuler, teknologi itu adalah:

  1. AMOLED
  2. IPS LCD

Apa beda Layar AMOLED dan IPS LCD?, Mana yang Lebih Baik?

IPS LCD

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, LCD masih banyak dipakai di smartphone, tablet, TV, dan pada umumnya dominan dipakai di monitor komputer.

LCD terbuat dari kristal cair, satu piksel LCD dibuat dari satu kristal cair yang berfungsi sebagai titik cahaya. Tepat di belakang kristal cair itu terdapat backlight yang juga memperkuat sumber cahaya.

Cahaya yang lewat kristal cair akan terpolarisasi, kemudian dengan kontrol dari filter horizontal dan vertikal yang terdapat disisi susunan kristal dengan tujuan melakukan filter warna, beberapa warna akan diteruskan dan warna lainnya akan terfilter.

Teknologi LCD yang banyak dipakai saat ini adalah In-Plane Switching atau IPS LCD. Layar dengan IPS LCD mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan IPS LCD

  1. Membutuhkan biaya produksi yang lebih murah dibandingkan memakai teknologi AMOLED
  2. Color gamut yang lebih baik
  3. Warnanya lebih natural
  4. Jika kena sinar matahri langsung, warnanya lebih cerah
  5. Lebih tahan lama dibanding AMOLED karena tidak punya efek burn-in.

Kekurangan IPS LCD

  1. Rasio kontras dari warnanya kurang, tidak sekuat AMOLED (artinya warna hitamnya bukan 100% hitam, begitu juga warna putih tidak 100% putih)
  2. IPS LCD Boros dalam penggunaan daya baterai dibandingkan dengan AMOLED
  3. Refresh rate dan response time nya lebih rendah jika dibandingkan dengan AMOLED
  4. Layar IPS LCD akan lebih tebal dari AMOLED karena adanya backlight

AMOLED

AMOLED atau Active Matrix Organic Light-Emitting Diode adalah teknologi yang lebih baru dibandingkan dengan IPS LCD. AMOLED memanfaatkan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron ke lapisan film yang sangat tipis.

Kecerahan warna sangat ditentukan oleh kuatnya elektron yang mengalir, sedangkan warna nya sendiri ditentukan oleh emitting dioda merah, hijau, dan biru yang ditanam di layar.

Teknologi AMOLED yang dipakai di handphone, tablet dan laptop sekarang ini adalah teknologi Super AMOLED. Layar Super AMOLED punya beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Super AMOLED

  1. Layar Super AMOLED punya rasio kontras yang lebih tinggi dibanding IPS LCD
  2. Teknologi Super AMOLED juga lebih hemat daya, bahkan lebih hemat sampai 10x lipat dibanding IPS Display
  3. Teknologi AMOLED dapat melakukan updating warna piksel secara independen, hal ini berbeda dengan teknologi IPS LCD yang dimana update warna dilakukan di seluruh pixel setiap kali ada perubahan warna. Dampaknya teknologi layar Super AMOLED punya FPS dan response time yang lebih cepat.
  4. Di Teknologi Super AMOLED boleh dikatakan warna hitamnya benar-benar hitam, warna putihnya juga begitu. Ini disebabkan oleh tiap piksel adalah RGB LED independen, sehingga untuk menampilkan warna hitam layar akan mematikan piksel tersebut, sehingga warna hitamnya terlihat benar-benar hitam, hal inilah yang belum bisa dicapai oleh layar dengan teknologi IPS LCD.

Kekurangan Super AMOLED

  1. Layar dengan teknologi AMOLED biasanya lama-lama kena screen burn-in, hal ini biasanya terjadi karena penggunaan aplikasi yang lama sehingga icon aplikasi itu akan terlihat tertinggal di layar HP atau Tablet Kamu.
  2. Layar dengan teknologi AMOLED punya biaya produksi yang jauh lebih mahal dibandingkan IPS LCD, terlebih untuk layar berukuran besar. Jadi ponsel atau tablet dengan layar AMOLED harganya sering mahal.
  3. Kalau kamu pakai wallpaper dengan tema background hitam layar AMOLED akan jauh lebih hemat dalam pemakaian baterai. Namun hal sebaliknya akan terjadi jika Kamu memakai tema misalnya warna cerah atau putih. Layar AMOLED akan lebih boros baterai dibanding IPS LCD.

AMOLED vs IPS LCD, Mana yang Lebih Baik?

Sangat jelas terlihat dari penjelasan diatas, layar dengan teknologi AMOLED maupun IPS LCD punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk memilihnya Kamu tentukan sendiri mana yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan gadget yang Kamu beli. Tentu saja juga sangat tergantung berapa budget yang Kamu persiapkan membeli gadget tersebut.

Misalnya Kamu mau beli ponsel, ponsel dengan layar AMOLED tentunya punya range harga yang lebih tinggi dibanding ponsel dengan layar IPS LCD. Hal ini disebabkan biaya produksi layar AMOLED lebih mahal dibanding layar IPS LCD.

Kalau Kamu pengen ponsel atau tablet dengan baterai yang awet, maka kamu bisa pilih gadget dengan layar AMOLED dengan pemakaian memakai tema, wallpaper dominan hitam.

Namun jika Kamu pengen layar dengan tampilan natural dan detail, maka Kamu kudu pilih gadget dengan layar IPS LCD.

So layar dengan teknologi AMOLED atau IPS LCD keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Kedua teknologi saling melengkapi, jadi Kamu mesti pilih sesuai kebutuhan Kamu.

Nah itulah review terkait Layar AMOLED vs IPS LCD mana yang lebih baik, semoga membantu Kamu dalam memilih atau membeli Gadget kesukaan Kamu.

Jika Kamu masih pengen tahu atau ada yang belum jelas silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

admin

Penyuka Gadget, khususnya ponsel, saya sangat suka dengan kemunculan smartphone baru, banyak kejutan dan teknologi baru yang patut dinanti, kadang memberikan kejutan.
admin

Leave a Comment