Begini Cara Menghemat Paket Data di HP Android Kamu, Cara Ini Bisa Bikin Kuota Internet Lebih Awet

MyPonsel.Com, Begini Cara Menghemat Paket Data di HP Android Kamu, Cara Ini Bisa Bikin Kuota Internet Lebih Awet – Paket data adalah sesuatu yang wajib ada di jaman sekarang. Hampir seluruh waktu di kehidupan kita dipengaruhi oleh paket internet ini.

Paket Data atau Paket Internet sering jadi masalah apalagi kalau ga ada wifi gratis, pusing ga bisa ngapa-ngapain karena paket internet habis.

Makanya Kamu kudu ngerti gimana cara menghemat paket data di HP Android Kamu, hal ini agar Kamu dapat menghemat paket data untuk hal-hal yang sebenarnya tidak kita lakukan atau ga ingin kita lakukan tapi justru menghabiskan paket data kita.

Bagaimana Cara Menghemat Paket Data di HP Android Kamu

Ada beberapa cara menghemat paket data di HP Android yang bisa dengan mudah Kamu lakukan tanpa harus mematikan HP setiap saat. Pengen tahu? Yuk, simak tipnya berikut ini!

Pake Chrome untuk Menghemat Data saat Browsing

Kalau kamu menghabiskan waktu lebih banyak untuk browsing di HP Kamu, maka pakailah browser chrome. Yup pake Google Chrome kalau ga ngerti cara menghemat paket data malah akan menyedot habis paket data Kamu.

Gimana cara menghemat paket data di Google Chrome ini?

Chrome ternyata punya fitur yang akan membuat pemakaian data internet di HP Kamu bisa lebih hemat.

Pemakaian paket data saat Kamu browsing pake google chrome akan memperkecil pemakaian data di tiap laman website yang kamu buka. Begini Caranya? Kamu buka Chrome, terus klik tiga titik di bagian kanan atas. Kemudian klik Settings > Lite Mode > On. Udah gitu doang, gampang kan, coba deh.

Memasang Batas Pemakaian Data Tiap Bulan

Belum habis bulan tapi paket data sudah habis? Ada yang ngalamin kayak gini ga? Sering ya. Nah agar Kamu ga kehabisan paket data di pertengahan bulan coba deh tips berikut ini.

Coba pasang batas pemakaian internet per bulan di HP Android Kamu. O Ya syaratnya HP Android Kamu harus pake Android 5.0 Lollipop keatas.

Gimana caranya? simple kok. Pertama Kamu harus tahu berapa paket data yang Kamu habiskan tiap bulannya, caranya buka Settings > Connections. Cek berapa pemakaian data Kamu sampai saat ini, nah dari situ Kamu bisa prediksi berapa data yang kamu butuhkan dalam sebulan.

Kalau sudah paham berapa kebutuhan pemakaian data Kamu, klik Set Mobile Data Limit. Dengan membatasi pemakaian paket data bulanan, maka kamu akan bisa lebih hemat tanpa takut paket data habis ditengah bulan.

Begini caranya.

Membatasi Background Data yang Berjalan di HP Kamu

Tanpa Kamu sadari ternyata banyak aplikasi yang berjalan otomatis sebagai background di HP Android Kamu.

Contoh kecil WhatsApp dan Instagram yang pastinya sering Kamu pake, trus keluar tanpa logout misalnya. Kita kan biasa gitu keluar instagram cuma keluar aja tanpa logout di aplikasi instagramnya. Maka instagram akan terus jalan dan terbuka sebagai background data.

Nah aplikasi yang jalan sebagai background data inilah yang nantinya akan menghabiskan paket data internet kita. Background data ini akan menyedot sebagian paket data Kita.

Nah gimana cara membatasi aplikasi yang otomatis menajdi background data tadi?

Begini Caranya, Buka Settings > Connection > Data usage > Mobile Data Usage, maka akan kelihatan banyak aplikasi yang jalan sebagai background data. Kemudian pilih salah satu aplikasi dan klik maka akan kelihatan seberapa banyak data yang dipake aplikasi itu.

Untuk mematikan background data klik Allow background data usage dimana posisi switch jadikan off. Done, aplikasi tidak akan jalan lagi sebagai background data.

Tapi ada efeknya loh, kalau misalnya Kamu matikan background data di Instagram maka Kamu ga dapat notifikasi lagi dari instagram karena secara aplikasi dia sudah Kamu matikan.

Setting Over Wifi Only untuk Auto Update Aplikasi

Play Store adalah biang kerok selanjutnya yang menghabiskan paket data Kamu secara diem-diem. Kok bisa? Yup, Play Store jika tidak di Setting dengan baik akan secara otomatis menghabiskan paket data Kamu dengan cara Auto Update, Auto Play Videos dan lainnya.

Play Store kudu di setting hanya akan auto update dan lainnya tadi jika ada koneksi ke wifi only. Gimana Cara Settingnya?

Buka Play Store, kemudian klik tiga garis di pojok kiri atas, klik Setting trus klik Auto-update apps. Akan muncul tiga pilihan, pilih Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps maka paket data akan aman dari kegiatan auto update aplikasi.

Bijak dan Hemat Paket Data di WhatsApp

Whatsapp adalah mesenger terlaris saat ini. Tapi Kamu kudu hati-hati karena whatsapp ternyata mengambil porsi banyak dari paket data Kamu jika tidak di setting dengan bijak.

Bagaimana Cara Setting Whatsapp agar Paket Data Aman?

Buka Whatsapp, kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas, trus klik Setting. Setelah itu klik Data and storage usage. Kemudian Kamu lakukan setting jika pas Kamu hanya pake paket data dan jika pake wifi.

Pas ga ada wifi Kamu bisa setting agar WA tidak download otomatis media foto, video, audiao dan document karena pastinya akan menghabiskan paket data Kamu.

Atur agar semua media itu di download saat HP Kamu terkoneksi ke wifi saja. Disini Kamu juga bisa setting untuk mengaktifkan Low data usage agar bisa mengurangi pemakaian paket data saat Kamu menelepon.

Biasakan pake aplikasi yang berfungsi secara offline

Ada beberapa aplikasi yang umum digunakan dan terbukti ampuh dipakai dalam kondisi Offline tanpa menggunakan paket data internet Kamu. Contoh aplikasi yang dapat Kamu pake dalam keadaan offline itu diantaranya Spotify premium, Google Maps, dan lain-lain.

Spotify Premium

Kamu bisa update data-data di aplikasi itu saat Kamu konek ke wifi. Setelah itu kembali gunakan secara offline.

Pake Mode Data Saver

Mode Data Saver adalah cara sapujagat menghentikan pemakaian data di HP Android Kamu. Mode Data Saver akan menghentikan semua penggunaan paket data secara otomatis. Bahkan background data yang sedang berjalan juga akan dihentikan.

Gimana cara megaktifkan mode data saver ini?

Buka Settings > Connections > Data usage kemudian geser toggle Data saver untuk mengaktifkan fungsi ini.

Mode Data Saver
Mode Data Saver

Tapi perlu Kamu ketahui bahwa jika Kamu mengaktifkan Data saver, maka aplikasi yang ada tidak akan berjalan sesuai fungsinya. Mudah Kan?

So, itulah beberapa Cara Menghemat Paket Data di HP Android yang dapat Kamu lakukan sendiri dengan mudah. Segera pilih mana yang Kamu sukai dan amankan pemakaian paket data internet Kamu sekarang juga. Selamat mencoba!

admin

Leave a Comment