10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 3.1 Plus!

Perusahaan HMD Global yang sekarang kini memegang brand Nokia, merilis dan meluncurkan handphone   Nokia 3.1 Plus dengan spesifikasi yang cukup oke di kelasnya. Nah, pada kesempatan kali ini, Kami  akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan handphone Nokia 3.1 Plus secara eksklusif untuk Kamu . Bagaimana, Kamu  penasaran? Mari simak langsung saja pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan dari handphone   Nokia 3.1 Plus yang tampil dengan desain elegan ini.

Kelebihan Nokia 3.1 Plus

1. Layar Luas

Handphone Nokia 3.1 dibekali dengan layar lega berukuran 6.0 inci dengan rasio 18:9. Sayangnya, resolusi layar handphone   ini mentok di HD+ 720 x 1440 piksel saja. Kualitas layarnya memang tidak terlalu bagus, tetapi juga tidak mengecewakan. Layar dari handphone   ini tetap nyaman untuk digunakan menonton, kok. Layar dari handphone   Nokia ini masih mengusung bezel yang agak tebal di bagian atas dan bawahnya, serta bezel yang lumayan tipis di sisi kiri dan kanannya. Oh ya, tidak ada pelindung layar tambahan di handphone   Nokia 3.1 Plus ini. Artinya, Kamu  harus berhati-hati pada saat menggunakan Handphone   ini.

2. Desain Cantik

Handphone   besutan Nokia memang selalu terkenal memiliki desain yang cantik dan juga elegan. Tak terkecuali handphone   yang satu ini. Ya, meski tampil dengan bezel yang cukup tebal, handphone   ini tidak kehilangan nilai estetikanya sama sekali. Handphone Nokia 3.1 Plus tetap tampil dan memukau, walau tidak mengikuti tren sekarang ini, yaitu menambahkan notch alias poni dengan bentuk yang khas, seperti water drop atau teardrop notch, hingga notch memanjang ala iPhone X yang sudah banyak digunakan oleh handphone   anyar kebanyakan.

Tak hanya bagian depan layarnya saja yang tampil cantik, bodi belakang dari handphone   ini juga sangat keren. Handphone Nokia 3.1 Plus dilapisi bahan metal yang kokoh di bagian belakang bodinya, sehingga saat dilihat maupun digenggam, kesan premium nan mewahnya sangat terasa. Handphone   Nokia 3.1 Plus ini tersedia dalam varian warna biru, putih dan abu-abu. Kamu  mau pilih yang mana, nih?

3. Daya Tahan Baterai Bagus

Beralih ke sektor baterainya. HMD Global membekali handphone   ini dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh yang bisa dikatakan cukup besar.  Baterai Handphone   ini dapat bertahan selama satu hari penuh dan masih tetap menyisakan daya sekitar 25% pada saat malam hari. Kemampuan baterai handphone Nokia 3.1 Plus dengan disertai  untuk menonton video beresolusi full HD selama kurang lebih 90 menit dengan tingkat kecerahan layar yang paling tinggi. Hasilnya, baterai handphone   ini berkurang sebanyak 14%. Sayangnya, handphone   ini belum dibekali teknologi pengisian daya cepat, atau yang biasa disebut fast battery charging sehingga Kamu  harus menunggu lebih lama untuk mengisi daya baterai.

4. Dual Kamera

Buat Kamu  yang hobi berfoto, handphone   Nokia 3.1 Plus ini bisa dikamu lkan, nih. Yup, HMD Global membekali handphone   ini dengan dua lensa kamera di bagian belakang bodinya. Masing-masing lensanya berukuran 13 MP yang sudah didukung auto fokus dan ada satu lagi lensa berukuran 5 MP khusus depth sensor yang tentunya dapat menciptakan efek bokeh alias background blur pada foto yang dibidik. Kamera belakangnya ditemani LED Flash, dan ada fitur HDR juga panorama. Oh ya, kamera utamanya ini dapat merekam video beresolusi HD 720p@30fps.

Nah, bagaimana, dengan kualitasnya sendiri? Kami  menuturkan, hasil jepretan dari kamera belakang Nokia 3.1 Plus ini memiliki kualitas yang cukup bagus, terlebih bila gambarnya diambil dalam kondisi cahaya yang memadai. Hal ini juga berlaku untuk kamera depannya yang beresolusi 8 MP.

Sayangnya, untuk foto dalam kondisi low-light, kamera handphone   ini agak kepayahan. Kami  menuturkan, Kamu  akan mendapatkan hasil foto yang terlihat gelap di beberapa titik. Selain itu, fotonya juga terkesan terlalu halus dan detilnya kurang bagus. Tetapi, hal tersebut bisa diatasi dengan pengaturan semi-manual mode yang tersedia pada menu kamera ini, agar hasil gambarnya punya kualitas yang lebih baik. Oh ya, berikut kami sertakan beberapa hasil jepretan dari kamera belakang dan juga kamera depan handphone   Nokia 3.1 Plus.

5. Dilengkapi Sensor Sidik Jari

Handphone Nokia 3.1 Plus dilengkapi berbagai macam fitur menarik lainnya, salah satunya ialah sensor sidik jari berbentuk fisik yang ditanamkan di bodi bagian belakang handphone  ini. Pada sensor sidik jari handphone   ini memiliki kecepatan yang tergolong bagus untuk sebuah ponsel di kelasnya. Oh ya, selain punya sensor sidik jari, handphone   Nokia 3.1 Plus ini juga dilengkapi dengan sensor lainnya seperti proximity, compass hingga accelerometer.

6. Support NFC

Perlu diketahui, ternyata handphone   besutan HMD Global ini juga sudah didukung dengan teknologi Near Field Communication atau NFC. Dilansir dari detikinet, NFC sendiri memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya yang memiliki teknologi canggih ini. Tak hanya itu, dengan NFC juga Kamu  dapat membuka aplikasi secara otomatis, mengatur alarm, memutar musik hingga memberi tahu kita mengenai posisi atau lokasi sebuah tempat tertentu. NFC ini biasanya jarang ditemukan di handphone  kelas menengah kebawah dan lazim ditemukan pada handphone  flagship alias handphone   kelas atas.

7. Audio Jack 3.5 mm

Satu hal lagi yang menjadi kelebihan dari handphone   Nokia 3.1 Plus ini ialah, hadirnya audio jack berukuran 3.5 mm yang memang sangat penting dan dibutuhkan oleh sebagian orang, terutama, mereka yang memang gemar mendengarkan musik menggunakan earphone maupun headphone. Sekarang ini, tak sedikit -handphone   keluaran terbaru yang sengaja menghapus audio jack 3.5 mm demi mengikuti tren alias standar handphone   kekinian. Tetapi , perusahan HMD Global tetap mempertahankan audio jack 3.5 mm untuk memanjakan konsumennya.

Kekurangan Nokia 3.1 Plus

1. Performa Biasa Saja

Dibalik berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh handphone Nokia 3.1 Plus ini, tentu saja ada beberapa kekurangan yang dimiliki. Salah satunya adalah performa dari handphone   ini. Ya, HMD Global menyematkan chipset besutan Mediatek, yakni Helio P22 yang memang sudah tergolong outdated untuk handphone   saat ini.

Dengan chip tersebut, handphone   ini tidak dapat memberikan performa lebih, terutama dalam hal gaming. Memang, dengan handphone   ini Kamu  masih bisa memainkan beberapa game tertentu yang tak membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi. Tetapi , untuk game yang memang berat atau butuh spesifikasi yang lebih bagus, Nokia 3.1 Plus ini kurang cocok. Kalau untuk menjalankan aplikasi yang ringan seperti sosial media, handphone   ini tentu masih bisa ngangkat.

2. Slot Bertipe Hybrid

Satu kekurangan lain yang dimiliki oleh handphone   ini adalah slot-nya yang bertipe hybrid. Yup, tepat sekali, di handphone   ini hanya ada dua slot saja. Satu ditujukan sebagai tempat SIM 1 dan satunya lagi bisa digunakan untuk SIM card kedua atau microSD card. Ya, jika Kamu  ingin menggunakan microSD card untuk memperluas kapasitas penyimpanan handphone   ini, Kamu  harus rela mengorbankan slot untuk SIM 2 tadi.

3. Kapasitas ROM Kecil

Selain slot bertipe hybrid, HMD Global membekali handphone   Nokia 3.1 Plus yang punya varian RAM 2 hingga 3 GB ini dengan kapasitas memori internal yang tergolong kecil, yakni hanya sebesar 16 GB dan 32 GB RAM saja. Secara otomatis, Kamu  harus merelakan slot SIM card tambahan untuk menaruh microSD card.

4. USB Bertipe Micro

Handphone   Nokia 3.1 Plus ini juga punya satu kekurangan lain, yakni handphone   ini masih menggunakan USB bertipe mikro, bukan USB tipe-C yang memang sudah menjadi standar terbaru untuk beragam jenis gadget saat ini. For your info, USB tipe-C sendiri memiliki kemampuan transfer data yang lebih baik ketimbang USB bertipe mikro yang sudah tergolong jadul.

Leave a Comment