Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A80 2020

Samsung Galaxy A80 ialah handphone  full screen dalam arti sebenarnya. Tidak ada cut-out atau celah kecil untuk menempatkan kamera depan sebagaimana saudaranya Samsung Galaxy A70 berkat mekanisme kamera berputar yang kini digunakan produsen teknologi asal Korsel ini.

Tidak ada takik di tepi atas layar dan praktis tidak ada juga bezel. Sebagai gantinya, Samsung telah menggabungkan mekanisme geser ke atas sebagaimana dijumpai di Oppo Find X dengan sistem kamera cerdas yang harus dimiliki oleh pecinta selfie. Sebab mekanisme kamera tersebut, dalam paket penjualan pun Samsung sudah menyertakan kesing khusus.

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Desain Samsung Galaxy A80 Mewah Kaca + Logam

Samsung Galaxy A80 dibekali dengan desain kaca yang premium, dengan bingkai logam di sekelilingnya yang terasa nyaman di tangan. Tetapi handphone  ini memang cukup besar dan tebal dengan dimensi 65.2 x 76.5 x 9.3 mm yang pasti akan membuatnya sulit untuk digunakan dengan satu tangan.

Dengan mekanisme di balik kamera pop-up berarti juga akan sedikit berat di bagian atas. Ini tentu saja handphone  yang mau tidak mau harus dioperasikan dengan kedua tangan. Terlihat tombol daya ada di sebelah kanan bodi, sementara tombol volumenya di sebelah kiri dan keduanya pun cukup mudah ditekan asalkan tangan pengguna cukup besar untuk memegang A80.

Samsung Galaxy A80 akan tersedia dalam warna hitam, emas dan putih yang dalam istilah Samsung disebut Phantom Black, Angel Gold, dan Ghost White.  Titik pusat desain terhebat di sini ialah inovasi kamera pop-up yang baru pertama kali ini dibuat oleh Samsung. Walau  ada sedikit kekhawatiran dengan teknologi canggih ini. Seperti dengan Oppo Find X yang juga mengusung kamera pop-up berukuran sama, yang menjadi pertanyaan ialah seberapa tahan lama bodywork yang bergerak bila  pengguna menjatuhkan A80.

Ditambah dengan kompleksitas tambahan dari kamera yang berpotensi pecah. Bagian yang bergerak juga berarti akan sulit untuk memasangkan kesing yang melindungi perangkat dengan benar.

Jadi pengguna mungkin harus menangani dengan hati-hati unit Samsung Galaxy A80 ini. Apa yang ditawarkan oleh kamera pop-up, ialah tampilan semua layar yang tidak terganggu oleh penempatan sensor kamera di takik.

Varian Warna Samsung A80

Samsung pun telah menekan bezel menjadi sesempit mungkin di sepanjang layar 6,7 inci, yang membuat hasil akhir yang cukup mengesankan walau  belum sampai pada bezel-less.

Adanya mekanisme kamera geser yang dinaut A80 membawa konsekuensi tak mungkinnya memenuhi standar peringkat IP untuk kemampuan tahan air seperti yang dimiliki Galaxy S10.

Layay Super AMOLED Full HD+

Dengan resolusi Full HD + (1080 x 2400) dan panel Super AMOLED, tampilan pada layar Galaxy A80 terlihat sangat cerah, jernih, dan berwarna-warni yang semestinya bisa menjadi pertanda baik bagi para gamer dan para penggemar Netflix.

Layar Jernih Super AMOLED Samsung A80

Akhirnya, ada fitur pemindai sidik jari dalam layar juga, sebuah fitur yang umumnya hanya dipasang untuk perangkat flagship. Super Amoled (super-active-matrix organic light-emitting diode) seperti diketahui ialah istilah pemasaran yang mengacu pada teknologi layar yang digunakan dalam berbagai perangkat elektronik.

Kata “Super” dalam namanya membedakannya dari versi yang lebih tua dan kurang canggih (OLED dan AMOLED).

Layar Super-AMOLED memiliki banyak kelebihan dibandingkan layar AMOLED seperti : perangkat yang bisa lebih tipis karena teknologi untuk layar dan sentuhan berada pada lapisan yang sama, kontras yang lebih tinggi ditambah sempitnya celah udara antara digitizer dan layar aktual akan menghasilkan tampilan yang lebih tajam dan lebih jelas.

Hanya perlu daya kecil untuk disuplai ke layar Super-AMOLED karena tidak menghasilkan panas sebesar teknologi layar yang lebih lama, layar lebih sensitif untuk disentuh, refleksi cahaya berkurang karena tidak banyak lapisan, yang membuat keterbacaan di luar ruangan dalam cahaya yang terang menjadi maksimal, kecepatan refresh yang lebih tinggi membantu mempercepat waktu respons.

Kamera Super Canggih yang bisa Berputar

Inti dari kamera berputar pada Samsung Galaxy A80 ialah agar pengguna dapat memanfaatkan kamera utama baik ketika handphone  menghadap ke belakang maupun ke depan.

Sebagian besar produsen smartphone selama ini cenderung memberi pengguna fitur kamera belakang yang sangat bagus sementara kamera depan yang jauh lebih rendah.

Fitur Kamera Berputar di Samsung A80

Samsung Galaxy A80 dan seri A terbaru lainnya membidik orang-orang muda yang suka berkreasi, berbagi, dan mengirim konten video live setiap saat sehingga sangat masuk akal untuk menawarkan kepada mereka pengalaman kamera terbaik di mana pun mereka menggunakan perangkatnya.

Sensor 48MP (f / 2.0) utama ialah kamera default yang tersedia untuk pengguna ketika membuka aplikasi kamera. Walau  begitu cukup mudah untuk beralih ke sensor kamera lain yaitu kamera 8MP (f / 2.2) ultra wide (123 derajat) dan kamera 5MP Depth Sensor sesuai kondisi obyek yang dibidik.

Untuk kamera utama 48MP tak perlu lagi diragukan hasil cemerlang yang akan didapatkan. Selain gambar yang cemerlang, warna-warna yang dihasilkan pun sempurna yang tak kalah dengan bidikan kamera profesional.

Lalu untuk kualitas sensor kamera kedua Ultra Wide memang tidak setinggi kamera utama, tetapi memang ini ialah opsi untuk mengambil bidikan yang melebar yang cocok untuk aksi selfie bersama-sama yang akan memuat banyak orang.

Kamera ketiga ialah sensor kedalaman 3D yang akan memberikan kekaburan latar belakang yang sangat bagus untuk mode Fokus Langsung (Live Focus). Jadi fitur kamera ini akan mengaburkan fokus latar belakang pemotretan sambil menjaga latar depan tetap fokus.

Ini mungkin jawaban Samsung untuk mode Potret Apple di iPhone. Mode Live Focus di Galaxy A80 bekerja dengan baik, memungkinkan kita untuk menyesuaikan tingkat kekaburan dan menunjukkan hasilnya secara langsung sebelum dijepret.

Kamera ini juga memberi pengguna kemampuan merekam Video Live Focus, untuk latar belakang real time yang terlihat kabur. Mode tersebut hanya tersedia saat menggunakan pengaturan sebagai kamera belakang dan bukan selfie.

Mode gerakan super lambat atau Super Slo Mo Mode pun bisa berfungsi sama bagusnya dengan Live Focus Mode. Kamera yang dimiliki A80 pun menawarkan mode video Super Steady, Scene Optimizer yang mampu mendeteksi sampai 30 scene, dan juga fitur Flaw Detection.

Kapasitas Baterai Samsung Galaxy A80

Samsung Galaxy A80 hadir dengan baterai 3.700 mAh yang dirasa cukup untuk aktifitas maksimal penggunanya selama seharian penuh. Baterai ini pun mendukung fitur fast charging atau pengisian cepat 25W yang bahkan lebih besar dibanding charger yang dibawa oleh flagship Samsung terbaru Galaxy S10.

Fitur fast charging di Samsung A80

Untuk diketahui, tegangan yang makin besar dan voltase yang makin besar maka proses mengisi baterai akan lebih cepat, tetapi ada batasannya. Karena itu ditambahkan Pengontrol muatan (IC) yang akan melindungi terhadap lonjakan tegangan yang akan berbahaya bagi komponen handphone .

Di atas kertas bila baterai A80 sudah mengadopsi Quick Charge 4.0 dari Chip Qualcomm 730G maka untuk proses pengisian dari 0 hingga 50 persen hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja.

Ini tentu fitur yang sangat luar biasa. Baterainya pun diklaim cerdas sebab bisa belajar dari kebiasaan pengguna untuk kemudian membuat skema penggunaan baterai yang optimal.

Dapur Pacu Snapdragon Octacore + 8 GB RAM

Memberikan pengalaman penuh kepada penggunanya, spesifikasi jeroan Galaxy A80 ialah dukungan chipset octa-core Snapdragon 730G (terdiri dari dual-core 2,2GHz dan hexa-core 1,7GHz) yang disandingkan dengan 8GB RAM dan 128GB penyimpanan internal.

ROM dengan ukuran yang sangat besar itu akan memberi pengguna banyak ruang untuk menempatkan berbagai aplikasi, game, foto, dan video tanpa pernah risau tak penyimpanan tak mencukupi.

Sayang, tidak ada opsi penyimpanan eksternal di sini jadi bila  pengguna ialah orang yang gemar mengunduh aplikasi dan video dengan ukuran besar mungkin harus sering-sering menengok kapasitas terpakai.

Harga Samsung Galaxy A80

Dengan layar ukuran jumbo ditambah fitur blok kamera bermotor, harga Samsung Galaxy A80 banyak yang menduga cukup tinggi. Dari beberapa bocoran, harga Galaxy A80 akan ditawarkan sebesar Rp.8,4 jutaan.

Leave a Comment