Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S9 Plus 2020

Smartphone andalan Samsung terbaru di tahun ini Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus lebih ditujukan untuk menyempurnakan pengalaman komprehensif para penggunanya. Berbagai macam  fitur andalan dibawa oleh handphone  flagship ini termasuk layar Super Amoled Infinity Display 6,2 inci, chipset Exynos 9810 atau Snapdragon 845, RAM 6 GB, pilihan memori internal 64 GB/128 GB/ 256 GB, dan kamera dual aperture. Simak review Samsung S9 Plus secara lengkap dibawah ini.

Desain Infinity Display Berlapis Kaca

Apa yang didapat dalam paket penjualan? Konsumen yang membeli di channel resmi akan memperoleh : unit Galaxy S9 Plus, pengisi daya cepat adaptif (9V-1.67A / 5V-2A), kabel USB Type-C, konektor OTG, AKG Tuned headphone dengan earbud ekstra, kesing TPU, buku manual, dan kartu garansi.

Konsumen tentu tidak dapat mengharapkan Samsung melakukan perubahan desain radikal setiap tahun. Samsung sepertinya terjebak pada desain yang hampir sama dengan Galaxy S6 dan Galaxy S7, dan semuanya akan tetap hampir sama antara duo Galaxy S8 dan Galaxy S9. Masih ada lapisan kaca di bagian depan dan belakang dan ujung-ujung layar dengan model melengkung tipis yang tetap terkesan luar biasa. Samsung pun berusaha memperbaiki apa yang perlu diperbaiki.

Sensor sidik jari ada di tempat yang dibutuhkan, yaitu di bawah modul kamera di bagian belakang dan bukan lagi di depan. Terlepas dari fitur Face Unlock dan pemindai iris yang lebih nyaman secara teoritis, tetapi  membuka kunci layar S9 Plus dengan pembaca sidik jari masih menjadi andalan kebanyakan pengguna. Peningkatan lain ialah lapisan oleophobic pada layar yang kini berfungsi dengan lebih baik. Layar Samsung Galaxy S9 Plus dapat menahan noda jari jauh lebih baik dibanding Note 8. Terpasang kaca di bagian depan dan belakang (Gorilla Glass 5), dengan frame logam mengisi sepanjang sisi yang masih terasa menakjubkan dan premium. Dan desain Galaxy S9 Plus pun tahan air sebab sudah mengantongi sertifikat IP 68.

Samsung Galaxy S9 Plus juga cukup nyaman untuk dipegang dan dioperasikan. Samsung telah mem-bundle perangkat ini dengan kesing TPU lembut yang berkualitas di dalam kotak pembelian. Samsung Galaxy S9 Plus memiliki dual speaker, satu di bagian bawah, dan satu menyatu dengan earpiece.

Layar Super AMOLED QHD 1440 x 2960 piksel

Samsung membuat layar AMOLED terbaik dan yang digunakan pada Galaxy S9 menunjukkan peningkatan lebih lanjut. Warna putih sekarang tampak semakin dekat dengan warna netral, warna dan kontrasnya sangat baik, dan layarnya bisa menjadi sangat cerah.

Pengguna juga dapat memilih antara 4 profil yang dikalibrasi secara akurat: Tampilan Adaptif (gamut warna terlebar), Mode Bioskop (DCI-P3), Mode Foto (Adobe RGB), dan Mode Dasar (sRGB).

Seperti biasa, Samsung menambahkan filter Bluelight, Video Enhancer, dan mode lain yang berguna. Layar pun tetap membawa fitur Always On yang kini mendapat beberapa tambahan widget lagi.

Spesifikasi layar Samsung Galaxy S9 Plus ialah panel Super AMOLED dengan resolusi QHD (1440 x 2960 piksel) dengan bentang 6,2 inci. Bentuk inovasi lain di bagian layar ialah tombol Home 3D di dalam layar yang cukup nyaman digunakan.

Dual Kamera 12MP + 12MP

Spesifikasi lengkapnya ialah sebagai berikut : kamera belakang: 12 MP (f / 1.5-2.4, 26mm, 1 / 2.55 ?, 1.4 µm, Dual Pixel PDAF) dan kamera depan: 8 MP (f / 1.7, 25mm, 1 / 3.6 ?, 1.22 ?m), AF. Bukaan ganda pada kamera Galaxy S9 Plus kini memiliki peningkatan kinerja pada penggunaan di siang hari. Ketika ada cukup sinar matahari, handset dapat mengecilkan apertur ke f / 2.4 dan ini memungkinkannya untuk memotret bingkai yang lebih tajam dan menghindari soft edges tanpa secara agresif meningkatkan kecepatan rana.

Re-imagined Camera ialah sorotan utama Galaxy S9 Plus. Ini ialah handphone  pertama dengan lensa aperture F / 1.5, memiliki sistem optik aperture variabel, dapat merekam video gerakan lambat pada 960fps, Noise reduction dalam chipset, memiliki RAM dinamis untuk pemrosesan lebih cepat, dan juga memiliki bagian khusus dalam aplikasi untuk emoji AR.

Dalam cahaya redup, lensa kamera terbuka lebar (bukaan f / 1.5). Pengguna juga dapat mengubah apertur dalam mode pro. Perangkat lunak kamera akan bekerja menajamkan dan meningkatkan eksposur dalam pemotretan dengan pencahayaan rendah.

Fitur AR Emoji                                                                       

Performa kamera benar-benar mempesona dan ini ialah satu-satunya kamera handphone  yang dapat menantang Pixel 2 / Pixel 2Xl dalam hal kinerja cahaya rendah. Fitur Video gerak lambat atau Slo Mo di bawah sinar matahari juga mampu memberikan hasil yang menakjubkan.

Kamera depan belum berubah dari Galaxy S8 Plus ke S9 Plus, menggunakan sensor 8MP dengan kemampuan autofocus yang sejauh ini khas untuk handphone  Samsung. Foto yang dihasilkan dari kamera selfie cukup cerah, meski terlalu tinggi saturasinya.

Emoji AR bekerja dengan baik meski hasilnya tidak dapat dibandingkan dengan Animoji milik Apple. Kemampuan brilian lain yang juga dibekalkan ke kamera yaitu Motion Detection. Teknologi tersebut akan otomatis merekam video bahkan tanpa harus klik tombol shutter.

Kamera akan otomatis merekam saat mendeteksi gerakan, menjamin pengguna tak melewatkan momen sekilas yang boleh jadi muncul secara tak terduga. Fitur lain yang masih terkait dengan kamera ialah Bixby Vision.

Kinerja Hardware dan Software Bagus

Samsung Galaxy S9 Plus ialah handphone  Samsung paling keren termasuk dalam hal kinerja hardware dan software. Secara dapur pacu spesifikasi Galaxy S9 Plus menggunakan formasi chipset Exynos 9810 Octa-core (2.7GHz 4x M3 + 1.8GHz 4x Cortex-A55); Arsitektur DynamIQ; GPU Mali G72; RAM 6GB; Penyimpanan internal 64GB / 256GB. Kinerja yang didapatkan terasa cukup bagus bahkan untuk aplikasi yang paling berat. Samsung Galaxy S9 Plus ialah flagship Samsung paling cepat untuk urusan performa sejauh ini sebelum datangnya Galaxy S10 Plus.

Samsung S9 Plus Tahan Air

Pengguna dapat memilih antara opsi penyimpanan 64GB atau 256GB dengan masing-masing dilengkapi slot SIM hybrid. Experience UI 9.0 sebagai platform sistem operasi menambahkan beberapa fitur baru, tetapi yang paling penting ialah Android Oreo (dengan dukungan Project Treble) sebagai sistem operasi dasar.

Fitur Face Unlock

Kemampuan sensor sidik jari cepat dan cukup peka. Sementara Face Unlock dan Iris Scanner tidak terasa berbeda dari yang ada pada flagship Samsung sebelumnya. Pengguna tidak menghadapi masalah konektivitas apa pun dari berbagai fitur yang dimiliki mulai dari : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot ; Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX ; GPS ; NFC ; USB3.1, Type-C 1.0. Samsung pun benar-benar meningkatkan pengalaman audio pada Galaxy S9 Plus.

Baterai Kuat Berfitur Pengisian Cepat

Baterai 3500mAh non removable pada S9 Plus dapat bertahan untuk satu hari penggunaan moderat. Untuk hari-hari penggunaan yang berat, pengguna mungkin harus menggunakan pengisi daya di tengah hari.

Dalam sebuah pengujian dengan menjalankan video HD loop selama 90 menit, baterai berkurang dari 100% menjadi 87% atau mengalami penurunan 13% yang sama persis dengan baterai Galaxy S8 Plus yang juga diuji dengan perlakuan sama. Fitur Fast Charging bekerja dengan baik, ketika mengisi baterai dari 0 sampai 38 % hanya diperlukan waktu 30 menit saja. Dibutuhkan waktu 1 jam 41 menit untuk charging dari 0 hingga 100 %.

Harga Samsung Galaxy S9 Plus 2020

Untuk alasan sebuah handphone  dengan desain yang elegan, layar yang luar biasa, kamera spektakuler, platform Android Oreo (update ke Android Pie sudah tersedia), dengan pengalaman Audio yang luar biasa konsumen layak untuk mendapatkannya.

Harga Samsung Galaxy S9 Plus pada saat pertama kali dijual secara resmi ditawarkan Rp.8.499.000 untuk versi RAM 6 GB/memori 64 GB dan untuk versi RAM 6 GB/memori 256 GB dijual di harga Rp.11.499.000.

Leave a Comment