Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S8

Sampai sekarang ini Samsung Galaxy S8 merupakan salah satu handphone yang canggih dengan kamera bagus, dengan desain cantik dan tampilan fantastis. Samsung Galaxy S8 memang bukan perangkat unggulan Samsung lagi, tetapi  Kamu  tetap dapat mempertimbangkannya sebagai perangkat Kamu  berikutnya kendati flagship terbaru Galaxy S10 sekarang sudah tersedia dan mengemas lebih banyak fitur. Beberapa spesifikasi utama Galaxy S8 seperti : desain infinity display, layar Super Amoled Quad HD+, chipset Snapdragon 830 atau Exynos 8895, kamera 12 MP Dual Pixel, dan baterai 3000 mAh. berikut ini ulasanya

Spesifikasi Samsung Galaxy S8

Desain Infinity

Samsung Galaxy S8 menawarkan layar 5,8 inci dengan tampilan ujung ke ujung yang mulus menyatu dengan bingkai samping sehingga membuat handphone  tampak luar biasa. Samsung Galaxy S8 pun terlihat tinggi berkat aspek rasio 18,5: 9 yang dianutnya. Bagian tepi layar tidak hanya terlihat keren, tetapi dapat disesuaikan untuk mengakses aplikasi dan kontak dengan cepat. Tidak ada yang mendekati desain Galaxy S8. Bagian belakang yang melengkung, seperti yang terlihat pada Galaxy S7 akan bersarang dengan sempurna di telapak tangan Kamu , sementara kaca berkilau saat cahaya menerpa.

Perangkat ini tersedia dalam tiga warna yaitu hitam gelap, perak cerah dan abu-abu dengan semburat kebiruan. Bagian sisi-sisi mengkilap yang menyatu dengan layar. Rasanya seperti satu bagian yang lengkap, dengan kaca, layar dan logam menggabungkan semuanya. Volume rocker dan sakelar siaga digabungkan dengan tombol baru di samping. Ini ialah tombol khusus untuk meluncurkan fitur Bixby yang menunjukkan bahwa Samsung memperlakukan asisten virtual terbarunya itu dengan serius.

Samsung Galaxy  S8 desain tipis dan sangat ringan dengan berat hanya 155g, tetapi terasa kokoh dan didesain dengan tepat. Sebuah slot microSD masih duduk terselip dengan nano-SIM, pengisian nirkabel Qi juga hadir, dan perangkat ini juga tahan air dan debu dengan mengantongi sertfikat IP68.

Samsung juga mempertahankan jack headphone dan juga menyertakan unit earset AKG yang sangat hebat di dalam kemasan. Memiliki layar sebesar itu dan bezel sempit berarti tidak ada ruang untuk tombol Home sensor sidik jari untuk berada di depan.

Layar 18,5 : 9 AMOLED quad-HD+ 2960 x 1440 Piksel

Samsung tetap memberikan layar terbaiknya pada Galaxy S8. Pertama, ia memiliki aspek rasio baru 18,5: 9, bukan 16: 9. Ini berarti lebih tinggi yang pada dasarnya memberi Kamu  lebih banyak ruang dalam bodi yang tidak jauh lebih besar dari S7. Sementara Samsung Galaxy S7 memiliki layar 5,1 inci, S8 mengadopsi diagonal layar 5,8 inci. Kesannya besar, tetapi handphone  itu sendiri kompak dan Samsung ingin menunjukkan bahwa itu masih dapat digunakan dengan nyaman di satu tangan.

Samsung Galaxy S8 memiliki layar yang tinggi dan lebih besar dari S7, tetapi jauh lebih sempit dari phablet. Dari segi lebar, ini hampir tidak lebih lebar dari iPhone 7 dan terasa lebih sempit dari Pixel XL. Seperti kebanyakan handphone  Samsung, panelnya ialah AMOLED dan memiliki resolusi quad-HD + 2960 x 1440 piksel.

Panel ini juga menykamu ng sertifikasi “Mobile HDR Premium” sehingga Kamu  dapat melakukan streaming HDR dari Amazon Prime dan Netflix. Bisa dibilang, HDR ialah evolusi paling penting dalam teknologi TV beberapa tahun terakhir, menawarkan kontras yang lebih baik dan gambar yang lebih cerah.

Layar memiliki pengaturan default pada 1080p dan bukan quad-HD. Kebanyakan pengguna mungkin tidak akan menyadari perbedaannya – dan itu tidak masalah. Ada mode pintar yang disebut ‘Video Enhancer’, yang akan meningkatkan kontras dan kecerahan di aplikasi tertentu seperti Netflix, Prime Video, YouTube dan sebagainya – untuk memberikan efek pseudo-HDR.

Performa Mesin Gahar

Di bawah bodi yang menakjubkan ialah spek hardware yang gahar. Untuk SoC (system-on-chip) di jantung perangkat menggunakan chipset Exynos 8895 milik Samsung sendiri untuk pasar Eropa dan Asia, sementara konsumen Amerika akan mendapatkan perangkat dengan Qualcomm Snapdragon 835.

CPU mana pun yang digunakan tidak mungkin membuat perbedaan besar untuk urusan performa. Keduanya ialah CPU tercepat di luar sana, dibangun menggunakan proses produksi 10nm untuk meningkatkan efisiensi.

Terdapat  4GB RAM dan memiliki penyimpanan internal 64GB yang lapang dengan dukungan kartu microSD hingga 256GB. Prosesor terbaru biasanya menambahkan beberapa fitur yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Ada dukungan Gigabit LTE, daya tahan baterai yang lebih baik, dan kemampuan untuk pengisian daya cepat. Fitur lain yang menarik ialah Bluetooth 5.0, yang mungkin belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya hingga perangkat yang relevan dengannya dijual.

Game berjalan seperti yang diharapkan dari handphone  kamu lan yang menjalankan GPU terbaru – Mali G71 untuk model Exynos dan Adreno 540 untuk Snapdragon. Ada perbedaan kinerja Exynos 8895 dalam tes benchmark di mana Galaxy S8 mencetak nilai 2013 untuk tes single-core Geekbench 4 dan 6659 untuk versi multi-core.

Prosesor tersebut  setara dengan hasil dari tes Snapdragon 835 dan melampaui skor dari SoC Kirin 960 yang hanya menghasilkan skor 1935 dan 6237 dalam tes yang sama. IPhone tetap berada di puncak dalam kategori ini, dengan skor 3434 untuk single-core. Dalam benchmark AnTuTu, yang menguji segalanya mulai dari kinerja 3D hingga kecepatan RAM, skor 173.292 S8 ialah yang terbaik. Khususnya, skor 70.546 dalam tes game 3D menempatkannya di atas iPhone 7 Plus dan LG G6, yang keduanya mencetak 60.000.

Kamera Dual Pixel

Samsung Galaxy S8 ialah peningkatan yang cukup besar dibandingkan S7 di hampir setiap area, tetapi kamera hanya menerima upgrade paling sedikit, setidaknya di atas kertas. Tidak ada sistem sensor ganda , tidak ada lensa sudut lebar atau bukaan variabel. Sebagai gantinya, ada satu sensor 12 megapiksel di belakang lensa f / 1.7 lebar yang menggunakan teknologi Dual Pixel yang sama dengan S7.

Satu-satunya tambahan yang jelas ialah multi-frame image processor baru yang mengambil tiga pemotretan setiap kali pengguna memotret yang akan mengurangi kekaburan dan membuat foto menjadi lebih tajam. Secara umum foto-foto yang dihasilkan samsung Galaxy S8 benar-benar menakjubkan, dan ini merupakan lompatan besar dari Galaxy S7 yang sudah luar biasa.

Baterai dan Pengisian Nirkabel Cepat

Kekhawatiran terbesar tentang Samsung Galaxy S8 ialah masa pakai baterai berkaca dari kasus baterai Note 7. Tidak mengherankan apabila Samsung menjadi agak konservatif dengan baterai samusng Galaxy S8. Tetapi dapatkah handphone  dengan layar quad-HD + HDR 5,8 inci benar-benar bertahan sepanjang hari dengan baterai 3000mAh?

Jawabannya ialah ya, berapa lama baterai bertahan akan tergantung pada bagaimana Kamu  menggunakan handphone .  Mengaktifkan mode layar quad-HD + dan kecerahan pada 30% maka baterai bisa bertahan 4 jam 30 menit dengan sekitar 10% tersisa. Menyetel layar dengan resolusi108 0p memberikan ekstra sekitar 5-6% ekstra di akhir hari. Pengisian daya nirkabel (Wireless Charger) bukan barang baru di Samsung World karena sudah menjadi bagian dari seri Galaxy ‘S’ dan ‘Note’ selama beberapa tahun.

Berapa Harga Samsung Galaxy S8 Februari 2020?

Walaupaun  terhitung handphone  lawas di tahun 2020 ini, tetapi  Samsung Galaxy S8 yang saat ini hanya ditawarkan sebesar Rp.8 jutaan sebetulnya masih layak diandalkan.

Leave a Comment