Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M40 2020

Samsung Galaxy M40 ialah  smartphone keempat dalam jajaran Galaxy M yang hadir memenuhi kebutuhan konsumen tahun ini. Samsung Galaxy M40 juga dibekali dengan prosessor  Snapdragon 675 dan juga dilengkapi dengan fitur seperti layar Infinity-O (mirip dengan yang ada di Samsung Galaxy S10), dan konfigurasi tiga kamera belakang dimana Sensor primernya 32MP. Hanya saja Samsung Galaxy M40 tidak memiliki jack headphone tradisional 3,5 mm. berikut ini ulasan ya

Desain Bodi dan Layar Samsung M40

Jangan terkecoh dengan bahasa iklan, layar Infinity-O pada Samsung Galaxy M40 tidak menawarkan kelebihan berarti dibanding handphone  seri M sebelumnya dengan display Infinity-V. Posisi lubang O tersebut ialah  lubang kamera yang sekarang ditempatkan di sisi kiri layar bukan di tengah. Kemudian bezel atas pun belum berkurang ukurannya dibanding seri sebelumnya.

Layar Infinity-O Samsung M40

Bezel bawah memang lebih kecil dari Samsung M20, Samsung M30, atau Samsung A50, tetapi perbedaannya tidak cukup kentara. Samsung M40 secara desain memang terasa kompak walaupun ukuran layarnya mencapai 6,3 inci berkat bezel bawah yang lebih kecil. Dengan begitu mereka yang memiliki tangan kecil akan tetap dapat mengoperasikannya dengan mudah menggunakan satu tangan. Samsung Galaxy M40 hadir dengan slot SIM hybrid, artinya pengguna dapat menggunakan dua SIM di handphone  ini atau satu kartu SIM dan satu kartu microSD.

Sekarang, dengan 128GB penyimpanan internal untuk model standar, tidak menggunakan tambahan kartu microSD mungkin tidak menjadi masalah. Samsung Galaxy M40 memiliki layar LCD yang tidak semeriah Samsung A50 atau M30 dengan panel AMOLED. Pengguna akan melihat cahaya latar di sekitar lubang kamera dan di bawah tombol navigasi, masalah yang tidak akan dijumpai di layar AMOLED karena tidak ada cahaya latar. Tetapi  secara umum Galaxy M40 memiliki layar berkualitas tinggi. Warnanya cukup cemerlang, tingkat kecerahannya cukup untuk digunakan di siang hari ditambah sudut pandang yang cukup lebar.

Samsung tidak memasang sensor sidik jari di layar M40. Optical in-display fingerprint sensor di Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A70 agak lambat dan tidak akurat saat digunakan. Sensor optik tidak dibuat secepat atau seakurat sensor fisik atau sensor ultrasonik in display pada Galaxy S10.

Kamera Samsung Galaxy M40

Samsung Galaxy M40 memiliki sensor utama 32MP, sensor ultra wide 8MP, dan sensor depth 5 megapiksel di bagian belakang kemudian untuk kamera depan 16MP. Konfigurasi kamera belakang sama dengan yang digunakan di Galaxy A70 walaupun A70 jauh lebih mahal, dan kinerja kamera ini juga sama. Kamera utama sanggup  mengambil foto dengan hasil bagus dalam cahaya cukup tetapi tak sempurna dalam kondisi cahaya terbatas. Detail menjadi buram dalam kondisi cahaya rendah, serta jika ada terlalu banyak lampu buatan di sekitar maka kamera pun akan mengekspos gambar secara berlebihan.

Kamera ultra-wide ialah  hal yang sangat mengesankan di sini yang memungkinkan pengguna untuk menangkap lebih banyak adegan dalam satu gambar. Tetapi , gambar yang diambil dengan sensor ultra-wide terlihat berbeda dari yang diambil dengan kamera belakang utama. Resolusi yang lebih rendah berarti pengguna tidak dapat memperbesar gambar terlalu jauh, dan karena lensa ultra wide memiliki aperture F2.2 (kamera utama F1.7) maka sensor ini gagal mengambil foto yang hebat dalam kondisi gelap. Untungnya, Samsung telah menambahkan opsi untuk mengubah paparan adegan secara manual sebelum mengambil bidikan ultra wide walaupun tidak ada fitur autofokus.

Kamera Samsung Galaxy M40 pun memiliki kelemahan lain yaitu kecenderungan untuk menghasilkan gambar buram saat digunakan di dalam ruangan dan dalam pencahayaan yang terbatas. Kamera belakang ketiga ialah  sensor kedalaman 5MP yang memungkinkan gambar Live Focus (bokeh). Sensor kamera ini melakukan tugasnya dengan baik, tetapi keburaman latar belakang kadang-kadang bisa terlihat palsu, mungkin karena perbedaan dalam resolusi kamera utama dan sensor kedalaman. Kamera depan juga dapat mengambil foto Live Focus meski hanya trik perangkat lunak yang bagus dalam kondisi cahaya yang cukup dan tidak terlalu terang.

Perangkat lunak Samsung M40

Dengan Android 9 Pie dalam balutan One UI 1.1, pengguna akan mendapatkan pengalaman perangkat lunak yang mirip dengan apa yang ditemukan di Galaxy A50 atau bahkan perangkat Galaxy yang lebih mahal.

Android 9.0 (Pie); One UI

Tentu saja dengan beberapa keterbatasan seperti fitur Bixby Routines ynag tidak ada dan tidak ada filter cahaya biru. Ada Digital Wellbeing, yang membantu pengguna menetapkan batas pada seberapa banyak mereka menggunakan handphone  dan aplikasi di dalamnya, bersama dengan fitur-fitur seperti Multi Window, Dual Messenger, navigation gestures, mode satu tangan, dukungan tema, dan fingerprint gestures.

Samsung M40 juga dilengkapi dengan Lift to wake gesture untuk membangunkan layar saat telepon diangkat. Dan pengguna juga mendapatkan mode Malam walaupun UI tidak terlihat sehebat itu tanpa warna hitam pekat sebagaimana pada layar AMOLED.

Berbicara tentang pembaruan peranti lunak, M40 harus mendapatkan dua pembaruan utama. Dan karena kini sudah menggunakan Android Pie maka perangkat ini akan mendapatkan pembaruan Pie dan kemudian mendapatkan Android Q.

Kinerja dan daya tahan baterai

Performa ialah  salah satu bagian di mana Galaxy M40 tidak memberikan masalah sama sekali. Snapdragon 675 dan 6GB RAM ialah  kombinasi ampuh yang akan menghilangkan sama sekali lag dan gagap dalam navigasi dan game-game high-end.

Samsung M40 Bagus buat main Game 3D

Contohnya  saja game PUBG yang bisa berjalan sepenuhnya mulus di mode HDR dan Ultra grafis dengan pengaturan frame rate masing-masing. Aplikasi terbuka cukup cepat dan multitasking juga mudah, dan satu-satunya kelambatan ialah  saat  membuka kunci handphone .

Samsung Galaxy M40 juga membuat pengguna terkesan dengan daya tahan baterainya, walaupun hanya berkapasitas 3.500 mAh. Hal ini diduga efisiensi Snapdragon 675 yang sangat membantu. Ada dukungan fitur pengisian cepat standar, sehingga baterai 3.500 mAh tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai 100 persen.

Kualitas audio dan panggilan

Samsung Galaxy M40 tidak memiliki jack headphone, dan Samsung tidak menawarkan konverter Type-C 3,5 mm ke USB dalam paket penjualan. Pengguna diberikan earphone USB Type-C di kemasan, dimana kualitas earphone-nya cukup bagus. Hanya saja bagaimana bila pengguna kehilangan earphone? Atau bagaimana bila pengguna memiliki earphone pihak ketiga 3,5 mm yang ingin digunakan di M40? Mereka harus membeli konverter sendiri yang artinya butuh dana tambahan.

Samsung Galaxy M40 tidak memiliki jack headphone

Tidak hanya mendengarkan Spotify atau menonton YouTube yang memerlukan jack headphone. Radio FM juga membutuhkan headphone yang terhubung. Samsung Galaxy M40 memang hadir dengan loudspeaker yang lebih baik daripada Galaxy A50 dan handphone  Galaxy lainnya di segmen ini. Tetapi  itu tidak cukup baik sebab suaranya tidak terlalu keras dan hampir tidak ada bass yang keluar pada volume maksimum. Tapi tidak ada distorsi, tidak seperti speaker Galaxy A50.

Samsung Galaxy M40 tidak memiliki lubang suara di bagian atas layar sebab perangkat ini menggunakan teknologi Sound On Display yang menempatkan lubang suara di bawah layar. Hanya saja dengan teknologi tersebut volume panggilan maksimum terasa sangat pelan.

Harga Samsung Galaxy M40 bulan 2020

Samsung Galaxy M40 ialah  handphone  yang akan memberikan pengalaman yang lebih lancar dalam penggunaan sehari-hari karena Snapdragon 675 dan 6GB RAM. Ini jauh lebih baik daripada Exynos 9610 dan 4GB RAM yang ada pada Samsung Galaxy A50. Dalam hal kinerja gaming pun Samsung M40 akan membuat para gamer senang. Hanya saja Samsung Galaxy M40 tidak memiliki jack earphone 3.5 mm yang masih sangat dibutuhkan. Harga Samsung Galaxy M40 ditawarkan mulai Rp.4 jutaan dengan menawarkan dua opsi warna yakni Midnight Blue dan Seawater Blue colors.

Leave a Comment