Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note FE 2020

Samsung Galaxy Note memang sangat memesona, sebuah handphone yang memiliki banyak fitur dan fungsi canggih. Hanya satu pertimbangan konsumen tak pengin membelinya yaitu harganya yang selangit. Konsumen tentu sudah mafhum bila  seri Galaxy Note buatan vendor asal Korsel ini mematok banderol harga sangat mahal bagi orang kebanyakan. Satu-satunya perbedaan perangkat keras ialah penggantian baterai 3.500 mAh bawaan dengan baterai 3.200 mAh yang sedikit lebih kecil.

Selain itu,  Samsung Galaxy Note FE diterima dengan sangat baik oleh konsumen dan seluruhnya terjual habis di Korea Selatan. Hal ini yang menyebabkan para penggemar Galaxy Note 7 di seluruh dunia pun berharap supaya diperkenalkan juga ke negara lain. Sehingga akhirnya Samsung Galaxy Note Fan Edition pun dijual di beberapa negara lain termasuk Indonesia.

Walaupun menggunakan banyak teknologi yang muncul di tahun 2016, handphone Samsung Galaxy Note FE masih mengemas prosesor dan GPU tingkat tinggi, layar dengan tepi melengkung 5,7 inci, Iris Scanner, sensor sidik jari, serta sertifikat IP68 untuk ketahanannya terhadap air dan debu.

Samsung Galaxy Note FE juga memiliki fitur pengisian nirkabel yang cepat, NFC, kamera dual-pixel 12pm dengan OIS (Optical Image Stabilization), mendukung hingga 256GB ekspansi penyimpanan dengan kartu microSD dan lebih banyak fitur unggulan lain dibanding phablet berkemampuan stylus lain di kelasnya.

Samsung Galaxy Note FE sendiri hadir tak lama sebelum peluncuran resmi Galaxy Note 8. Hanya saja pesona Samsung Galaxy Note FE memang  kalah jauh dengan Note 8 yang memang super mewah dan canggih. Selain itu, performa handphone Samsung Galaxy Note FE hampir setara dengan Galaxy S7 Edge. Dan itu masih ditambah sentuhan unik berupa ciri khas keluarga Note yaitu S Pen.

Jangan samakan dengan hadnphone Samsung Galaxy Note FE dengan Galaxy Note 7 yang mengalami musibah dengan baterai yang terbakar dan meledak sehingga harus ditarik. Perangkat Samsung Galaxy Note 7 dan Note FE ialah dua produk berbeda. Supaya lebih mengenal handset ekonomis yang satu ini, kita akan mengulas apa saja kehebatan spesifikasi Galaxy Note FE sehingga layak untuk dimiliki.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note FE 2020

Desain Samsung Note FE Premium

Samsung Galaxy Note FE mempunyai layar 5,7 ” Super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2560 piksel. Handset ini mengadopsi material logam-kaca dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 pada aspek depan dan belakang. Tak hanya itu, desainnya pun telah menyandang sertifikasi IP68 untuk ketahanannya terhadap penetrasi debu dan bahkan berada di dalam air yang memiliki berkedalaman sekitar 1,5 m selama 30 menit.

Produsen pun telah menyempurnakan layar handphone Samsung Note FE lewat spesifikasi HDR 10 sehingga menjadikan tampilannya lebih cemerlang. Selayaknya desain khas Samsung, handphone  ini mengadopsi layar lengkung di kedua tepi kanan dan kiri. Hanya saja aspek rasio yang digunakan masih 16:9 yang terkesan tak mengikuti tren format layar terkini yang sudah 18:9.

Dengan Samsung Note FE Experience UI yang baru, resolusi ditetapkan ke FHD secara default. Selain resolusi tertinggi 1440 x 2560, pengguna juga dapat memilih resolusi HD 720 x 1280 piksel yang lebih ramah daya baterai. Selain bisa bertukar melalui pengaturan resolusi, pihak vendor pun menawarkan pengguna beralih di antara berbagai macam  mode layar yang menyesuaikan karakteristik warna tampilan. Pengaturan default ialah “Adaptive display,” yang cenderung memberi semua warna dengan saturasi tinggi.

Kemampuan Komputasi Luar Biasa

Seperti pada handphone Samsung Galaxy S7 edge, Note FE pun ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 8890 Octa. Exynos 8890 Octa secara kemampuan setara dengan Snapdragon 821 buatan Qualcomm. Tetapi , perangkat ini datang hanya dengan 4GB RAM dan 64 GB penyimpanan internal (ada versi 128 GB di beberapa negara). Untuk penyimpanan tambahan, kartu microSD dapat dipasang. Tetapi , Samsung Galaxy Note FE hanya dilengkapi dengan slot SIM hybrid. Itu berarti kartu microSD berbagi slot yang sama dengan kartu nanoSIM kedua.

Hebatnya S Pen Samsung Note FE

Handphone Samsung Galaxy Note FE menggunakan S Pen yang sama dengan yang dibawa Galaxy Note 7. Ini menawarkan ujung pena yang lebih kecil (0,7 mm) dan peningkatan sensitivitas tekanan.  Hal tersebut juga S Pen pertama yang dibuat tahan air. S Pen Galaxy Note FE mendukung berbagai macam Pen Style seperti : Fountain Pen, Calligraphy Pen, Pen, Pencil, dan Highlighter Pen. Juga Brush Style yang meliputi : Water Color Brush, Oil Brush, Calligraphy Brush, Pencil, Crayon, Air Brush, dan Marker Pen.

Ikon mengambang Air Command dapat diatur dan ditetapkan untuk aplikasi lain (hingga 8) dengan hampir tidak terbatas pada aplikasi apa yang ingin dimiliki untuk dibuka secara cepat setelah mengeluarkan S-Pen dari kompartemennya. Mekanisme pegas yang ada di kepala stylus cukup menyenangkan dengan ibu jari untuk menekannya.

Andalan Penggila Fotografi Handphone

Handphone Samsung Galaxy Note FE mempunyai kamera depan dan belakang yang sama dengan Samsung Galaxy S7 Edge. Hal tersebut berupa kamera depan 5 MP dengan lensa f / 1.7, dan kamera utama 12 MP dengan lensa f / 1.7, kemampuan OIS dan lampu kilat LED dual-tone.

Kamera utama Samsung Galaxy Note FE sanggup menghasilkan jepretan dengan hasil yang memuaskan. Disertai fitur OIS layaknya perangkat kamera profesional. Walaupun memiliki Samsung Experience UI baru dan Bixby, antarmuka kamera Note FE tidak diperbarui dengan fitur-fitur tambahan seperti Bixby Vision, atau kemampuan untuk mengaplikasikan topeng hewan ke wajah orang.

Tetapi , itu tidak mengurangi kenyataan, bahwa gambar yang diambil oleh Note FE memang luar biasa, seperti yang diharapkan banyak pengguna. Dalam kondisi gelap, aperture F1.7 membantu memberikan banyak cahaya sekitar ke dalam gambar sehingga hasilnya pun tetap cemerlang.

Keamanan baterai yang tepercaya secara global

Samsung benar-benar belajar dan mendengarkan penggemar mereka setelah insiden Galaxy Note 7. Hal tersebut sebabnya dalam produksi Samsung Galaxy Note FE ini pihak perusahaan pun mendorong pengembangan pemeriksaan keamanan baterai 8-point yang terakreditasi secara internasional yang sekarang sedang dilaksanakan tak hanya untuk baterai 3200 mAh Samsung Galaxy Note FE yang baru tetapi untuk semua Perangkat Samsung terbaru lainnya.

Pengakuan untuk langkah-langkah keamanan handphone Samsung Galaxy Note FE ini bersifat global sebab maskapai penerbangan dan operator ekspedisi udara pun sekarang mengizinkan Samsung Galaxy Note FE diangkut. Bila  sudah menjalankan prosedur keselamatan super ketat lalu mengapa konsumen masih ragu dengan keamanan baterainya?

Harga Samsung Galaxy Note FE 2020

Samsung Galaxy Note Fan Edition tidak hanya lebih murah dari harga Samsung Galaxy Note 8, tetapi  juga akan menarik para penggemar Galaxy Note yang lebih suka sensor sidik jari di depan.Setelah dua tahun sejak peluncurannya pertama kali, harga Samsung Galaxy Note FE 2020 hanya dibanderol Rp.4,2 juta. Samsung Galaxy Note FE menyediakan empat pilihan warna menarik mulai dari Blue Coral, Silver Titanium, Gold Platinum, hingga Black Onyx.

Leave a Comment