Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Plus

Handphone Samsung Galaxy J7 Plus, tambahan kata “Plus” untuk smartphone ini dapat diketahui secara fisik, yaitu dual-camera di bagian punggung, fitur yang tak terdapat di seri Galaxy J7 lainnya. Kelengkapan dual-camera tersebut ialah nilai tambah tersendiri dari beberapa handphone  Samsung yang lain. Sebab, sejauh ini, produsen teknologi dari Korea Selatan tersebut baru mengaplikasikan teknologi kamera ganda untuk Galaxy Note 8. Tentu bukan itu saja kehebatan Galaxy J7 Plus,

Memang, Samsung agak terlambat dalam menghadirkan smartphone dual kamera belakang, tetapi Samsung Galaxy J7 Plus ialah salah satu dari sedikit handphone  Samsung kelompok midrang pertama yang datang dengan 13MP + 5MP kamera belakang ganda setelah Samsung Galaxy Note 8. Sebagai kejutan lain, handset ini juga mengemas fitur unggulan lain seperti teknologi pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel, RAM 4GB, Always On Display dan fungsi kamera Fokus Langsung atau Live Focus. berikut ulasan lengkap fitur-fitur canggih yang dimiliki handphone  segmen midrange ini.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Plus

Desain Bodi Logam Ramping

Dilihat dari desainnya, Samsung Galaxy J7 Plus tak begitu berbeda dibanding handphone  keluaran Samsung dari keluarga J7 lainnya. Dengan ketebalan hanya 7.9mm, bodi logam tipis dari Samsung Galaxy J7 Plus terasa ramping dan premium sementara kualitas build juga diberikan yang terbaik.

Fisik handphone  ini diproduksi dari bahan logam solid dan ramping sehingga walau  layarnya berukuran 5,5 inci namun masih cukup nyaman ketika digenggam. Walaupun begitu, untuk pengguna dengan telapak tangan kecil, handphone  ini sedikit kebesaran ketika digenggam. Menampilkan bingkai bulat dan punggung datar, kamera belakang ganda sedikit inset, sehingga bahkan bila  pengguna tidak menambahkan kesing, sensornya tidak akan menyentuh permukaan datar. Handphone  ini memiliki bezel tipis dengan layar FHD Super AMOLED 5,5 inci. Menawarkan tombol Home di bawah layar dimana di sebelah kiri dan kanan ada tombol kapasitif Recent Apps dan Back.

Samsung pun memasang sensor sidik jari di tombol Home sebagaimana yang dilakukan di seri Galaxy A. Di atas lensa kamera ganda di bagian belakang dijumpai garis antena. Antena tersebut sekaligus menjadikan tampilannya bila  dilihat dari belakang terlihat mewah, serupa dengan tampilan belakang iPhone 6.

Layar Samsung J7 Plus Berpenampilan Full HD

Membahas mengenai spesifikasi layar, Samsung  Galaxy J7 Plus tampil dengan layar Full HD atau resolusi 1.920×1.080 piksel dari panel Super Amoled berdiagonal 5,5 inci. Seperti diketahui, panel layar andalan Samsung tersebut lazim digunakan produsen sebagai layar handphone  kelas high end. Menggunakan layar tersebut, menampilkan konten foto atau video pun menjadi lebih cerah dan hidup. Pengguna pun dapat mengaktifkan fitur Always-On Display. Handphone  ini bahkan masih memiliki LED notifikasi, jadi pengguna memiliki opsi untuk menggunakan keduanya.

Keunggulan Teknologi Dual Camera

Ditujukan untuk midrange dan tersedia dalam warna hitam dan emas, Samsung  Galaxy J7 Plus memiliki fitur 13MP (f / 1.7) + 5MP (f / 1.9) kamera belakang ganda dan fitur-fitur menarik. Sama seperti Galaxy Note 8, Galaxy J7+ menyediakan mode Live Focus sebagai pasangan kamera ganda. Ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bokeh sebelum dan sesudah mengambil foto.

Hanya saja kamera tidak datang dengan mode Dual Capture seperti Galaxy Note 8. Untuk kamera depan, fitur Selfie Focus, memungkinkan pengguna untuk mengambil Selfie dengan latar belakang buram.Antarmuka kamera sedikit berbeda kali ini, karena di atas antarmuka geser biasa pengguna pun dapat membalik tombol rana untuk memperbesar. Ada juga mode Pro atau Manual walau  untuk yang disebut terakhir hanya memiliki pengaturan yang terbatas.

Kamera pada Samsung J7 Plus sangat bagus, dengan fokus otomatis yang cepat di sebagian besar kondisi. Hasil bidikan yang buram dalam kondisi sangat redup mungkin karena tidak adanya fitur OIS atau Optical Image Stabilization. Flash selfie berfungsi dengan baik sementara Focus Selfie memungkinkan pengguna melakukan ‘selfie seperti mode Portrait’ dengan latar belakang bokeh atau buram.

Performa – Perpaduan Tinggi dan Rendah

Dari segi kinerja, Galaxy J7 Plus ialah kombinasi tinggi dan rendah. Galaxy J7+ mengadopsi processor MediaTek Helio P20 dengan dikombinasikan RAM ukuran 4GB ditambah space memori internal sebesar 32GB. Dalam tes benchmark dengan aplikasi di AnTuTu, J7 Plus berhasil mendapatkan skor menengah 49862 tetapi sedikit kedodoran saat memainkan game berat Asphalt 8: Airborne yang mengharuskan pengguna menurunkan pengaturan kualitas visual.

Samsung J7 Plus dilengkapi Sensor Fingerprint di Depan

Walau pun ini ialah salah satu dari sedikit perangkat Samsung yang menggunakan prosesor MediaTek, Galaxy J7+ tidak menjadi terlalu panas, bahkan setelah satu jam atau lebih bermain game. Bergeser ke UI, Galaxy J7+ mengoperasikan sistem operasi Android Nougat 7.0 yang dilapisi dengan antarmuka Samsung TouchWiz yang pertama kali digunakan untuk flagship  Galaxy S8 dan Samsung S8 Plus.

Membandingkannya dengan UI Samsung sebelumnya, UI ini terlihat lebih simpel, ringkas, dan menyenangkan untuk digunakan. Pengguna cukup menggulir layar ke atas bila ingin mengakses semua menu, benar-benar mudah tanpa opsi menu yang lazimnya digunakan di handphone  Samsung. Di samping itu, apabila pengguna tidak mau repot menggulir layar ke atas saat akan mengakses menu, mereka pun dapat membuat folder di layar beranda untuk kemudian diisi dengan beberapa aplikasi yang baru didownload.

Dengan begitu, ketika mencari aplikasi, pengguna hanya perlu menggulir layar ke kanan atau kiri. Tidak ketinggalan, Samsung pun membenamkan asisten pintar Bixby yang akan membantu pengguna lebih familiar dengan berbagai kemampuan perangkat mereka.

Yang membedakan dengan fitur Bixby di handphone  flagship ialah, tanpa adanya tombol fisik Bixby di bodi Samsung Galaxy J7+. Sebagai gantinya pengguna hanya perlu menggulir layar ke kanan saat akan meluncurkan Bixby. Fitur Bixby ini dapat menampilkan jadwal keseharian yang telah disimpan pengguna, mengelola pengingat, melihat ramalan cuaca esok hari, menyediakan saran situs yang sering dibuka, sampai memfasilitasi pengguna mengelola desain tema.

Ada juga fitur Dual Messenger baru, yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua akun terpisah untuk aplikasi IM yang sama pada satu perangkat. Sehingga pengguna dapat menjalankan percakapan WhatsApp pribadi atau bisnis secara bersamaan. Bila  pengguna menggeser ke kiri, ada juga Bixby Home tetapi perlu Samsung ID untuk melakukan sebagaimana yang fitur yang dimiliki Google Now.

Harga Samsung Galaxy J7 Plus 2020

Saat diluncurkan pertama kali di tahun 2017 silam harga Samsung Galaxy J7 Plus dipatok sebesar Rp.4,9 juta. Banderolnya sedikit turun dan sudah bisa dibeli dengan harga Rp.1,9 jutaan sebagaimana data yang diambil dari salah satu lapak e-commerce tanah air. Handphone  dengan kapasitas baterai 3000 mAh ini hanya menawarkan dua pilihan warna yaitu hitam dan emas.

Leave a Comment