Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Duo

Ditahun 2019 Samsung Galaxy J7 Duo menyasar pangsa kelas menengah bawah. Smartphone kelas menengah ini hadir dengan kamera yang luar biasa, prosesor yang mumpuni, dan banyak fitur menarik lainnya. Fitur-fitur yang menjanjikan seperti itu jelas telah memperkecil jarak antara smartphone kelas menengah dan flagship. Akibatnya akan membuat konsumen lebih sedikit memilih perangkat unggulan.

Samsung terus menggelontor pasar dengan produk terbaru mereka. Yaitu salah satunya Samsung Galaxy J7 Duo . Samsung begitu membanggakan kemampuan prosesor dan kamera Galaxy J7 Duo dengan kinerja yang mengesankan. Berikut ini ulasan lengkap Spesifikasi  dan Harga Samsung Galaxy J7 Duo  yaitu

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Duo 2020

Desain dan Kualitas Bahan Tak Murahan

Terlihat peningkatan yang cukup menakjubkan dari seri Galaxy J7 tahun-tahun belakangan ini. Hnadphone Samsung Galaxy J7 Max dan J7 Pro yang keluar sebelumnya memiliki bodi metalik dan terkesan cukup premium saat digunakan. Tetapi pada Samsung  Galaxy J7 Duo, Samsung menurunkan konsep rancangannya dari model unibody logam menjadi material plastik yang bisa dilepas. Selain itu, di pasar handphone kita juga dapat melihat banyak handset yang membanggakan bezel sempit dan layar dengan rasio aspek 18: 9.

Samsung  Galaxy J7 Duo tentu bukan salah satunya. Smartphone ini dilengkapi dengan bezel tebal di bagian atas dan bawah serta layar di antara bezel dengan aspek rasio perbandingan konvensional 16: 9. Jadi saat konsumen melihat desain dari Handphone Samsung Galaxy  J7 Duo, mereka akan sedikit kaget dengan modelnya yang ketinggalan jaman dibanding seri smartphone Galaxy populer lainnya.

Layar Premium Super Amoled

Untuk  spesifikasi layar, handphone Samsung Galaxy J7 Duo hadir dengan panel Super AMOLED 5,5 inci di bagian depan. Tetapi, resolusinya hanya HD. Karena hampir semua smartphone dengan harga yang sama sudah mengusung layar Full-HD. Kehadiran layar HD pada perangkat ini lebih disebabkan pertimbangan ekonomi untuk memangkas harga. Tetapi, pada penggunaannya, konsumen tak akan mendapati ketajaman layar yang kurang.

Dengan panel Super AMOLED, layar tampak jelas dengan warna hitam yang lebih gelap, putih cerah, dan dengan reproduksi warna yang mengesankan. Secara umum pengguna akan cukup puas dengan tampilan layar J7 Duo. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan tingkat kecerahan yang layak. Pengguna tidak akan menemukan masalah dalam melihat dan membaca konten di layar bahkan di siang hari yang cerah.

Tetapi sungguh menyedihkan melihat kurangnya sensor cahaya sekitar (ambient light) pada perangkat ini. Pengguna mungkin akan sedikit terganggu dengan keharusan mengatur kecerahan setiap saat saat digunakan di luar ruang atau di dalam ruang.

Performa Menonjol

Dalam hal ini Samsung sangat terobsesi dengan pecessor  chipset Exynos 7870 di masa lalu. Tak hanya itu, hampir semua versi sebelumnya dari smartphone J7 disediakan dengan chipset yang sama. Tetapi banyak hal telah berubah dari spesifikasi Galaxy J7 Duo. Samsung telah menyediakan chipset Exynos 7885 yang mumpuni di handset, yang sebelumnya hanya disediakan di smartphone kelas menengah premium seperti Galaxy A8 da Galaxy A8 Plus.

Tetapi, chipset yang digunakan J7 Duo diturunkan kecepatannya dibandingkan dengan yang dimiliki Galaxy A8. Hal ini untuk membuat pemakaian daya baterai dari prosesor menjadi lebih efisien. Dibuat dengan arsitektur 14nm, chipset memiliki berbagai fitur terbaru. Dan mengandalkan fitur-fitur itu, kinerja chipset dari hasil pengujian berada di antara chipset Snapdragon 630 dan Snapdragon 636.

Pada saat  skor benchmark dari J7 Duo dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 5 AI, J7 Duo tidak jauh di belakang Note 5 AI. Tak hanya di benchmark, Exynos 7885 juga merupakan pemain yang sanggup di dunia sesungguhnya.

 Berbagai macam game dengan grafis berat seperti PUBG, Dead Trigger 2, dan Asphalt 8 dapat dimainkan dengan kelancaran yang luar biasa. Semua berkat RAM yang cukup besar mencapai 4GB. Tetapi mengingat memori internal yang diberikan, J7 Duo cukup terbatas dalam hal penyimpanan internal dibandingkan dengan kompetitor. Samsung Galaxy J7 Duo hanya memiliki penyimpanan internal 32GB.

Samsung Galaxy J7 Duo hanya memiliki penyimpanan internal 32GB. Meskipun demikian, kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB dan slot kartu SD khusus telah disediakan untuk tujuan tersebut.

Perangkat lunak Lengkap

Dilihat dari perangkat lunak, handphone Samsung Galaxy J7 Duo hadir dengan Android Oreo. Dan untuk menambah pengalaman pengguna, Samsung telah menambahkan Experience UI buatan sendiri. UI hadir dengan banyak bloatware. Tetapi tidak perlu khawatir, kebanyakan dari aplikasi yang disertakan itu dapat di-uninstall dengan cukup mudah.

Aplikasi pra-instal tidak begitu unik dalam hal fitur dan kehadirannya tampaknya tidak terlalu penting bagi pengguna. Beberapa aplikasi pra-instal bahkan berlebihan dan sepertinya hanya ada untuk menantang ekosistem Google.

Salah satu yang cukup berguna ialah aplikasi S health. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sadar akan kesehatan. Aplikasi kesehatan ini pada dasarnya berfokus pada pelacakan kesehatan pengguna dengan memperkirakan asupan kalori, asupan air, kalori yang terbakar, dll di hari tertentu.

Kamera Hebat 13 MP + 5 MP

Samsung selalu menjadi pemain yang luar biasa bila membicarakan kemampuan fotografi ponsel. Dan tradisi berlanjut di Galaxy J7 Duo. Ini ialah smartphone Samsung pertama dengan pengaturan dua kamera di bagian belakang.

Pasangan kamera di bagian belakang terdiri dari kamera 13MP dan 5MP, yang keduanya dilengkapi dengan bukaan f / 1.9 yang cukup lebar. Kamera belakang pada J7 Duo mampu menghasilkan detail sempurna dalam sebuah foto dengan akurasi warna yang cukup bagus.

Kecepatan rana pada perangkat ini juga sangat tajam sehingga pengguna tidak menemukan masalah apa pun mengenai keterlambatan rana. Selain itu, smartphone ini cukup hebat saat digunakan untuk mengambil gambar dengan rentang dinamis tinggi. Foto portrait dapat diambil dari handphone dengan memilih opsi Live Focus.

Pengaturan Live Focus ini memadukan rincian subjek dan informasi mendalam sehingga terlihat sangat canggih untuk memberikan efek Bokeh yang mengesankan. Masalah pedeteksian tepi yang kurang pun sangat jarang terjadi. Dan hal seperti itu tidak terlalu menjadi masalah karena Samsung telah menyediakan fitur untuk menyesuaikan kembali area fokus dan mengaburkan intensitas dalam foto portrait bahkan setelah mengambil bidikan. Di depan, ada kamera 8MP untuk panggilan video dan juga untuk aktifitas selfie.

Sensor kamera selfie ini tidak memiliki mode beauty tetapi foto terlihat sudah dipercantik dengan skin tone yang ditingkatkan dan kulit wajah yang terlihat halus. Ketajaman foto selfie yang dihasilkan pun tetap utuh, sehingga terlihat cukup memuaskan.

Baterai Cukup Kuat

Pemasok daya ke Samsung Galaxy J7 Duo ialah baterai 3000mAh yang bisa dilepas dari bodi. Dengan layar HD Super AMOLED dan prosesor hemat daya, secara teoritis baterai di handphone ini akan mampu bertahan lebih dari seharian. Hanya saja dengan Screen-on-Time yang hanya 4,5 jam dan cadangan untuk penggunaan normal kurang dari sehari, baterai termasuk standar rata-rata. Tidak masuk akal Samsung malah menurunkan kapasitas baterai dari 3600mAh pada J7 Pro dan 3300mAh pada J7 2016 menjadi 3000mAh pada J7 Duo ini.

Harga Samsung Galaxy J7 Duo 2020

Singkatnya, Galaxy J7 Duo jelas bukan handphone serba bisa dan tentu tidak bisa menyenangkan semua pengguna. Desain yang ketinggalan jaman, resolusi layar yang hanya sekelas HD, dan baterai yang lebih kecil mungkin bukan fitur yang bisa dibanggakan. Samsung Galaxy J7 Duo ialah pilihan tepat untuk itu. Pada 2020 ini harga Samsung Galaxy J7 Duo sebagaimana data yang diambil dari Blibli ditawarkan Rp.1,5 jutaan saja untuk varian RAM 4GB/ROM 32GB.

Leave a Comment