Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A6 Plus

Samsung di pertengahan 2018 lalu meluncurkan handphone  Galaxy J-series dan A-series yang datang dengan panel layar Infinity AMOLED. Salah satunya ialah Galaxy A6 Plus. Samsung Galaxy A6 Plus tidak seperti handphone  seri A lainnya yang biasa dilihat. Samsung Galaxy A6 + ialah smartphone kelas menengah yang spesifikasinya terlihat menarik di atas kertas, Qualcomm Snapdragon 450 dan unit grafis Adreno 506 serta dilengkapi fitur-fitur hebat termsuk sensor sidik jari, face unlock dan baterai awet.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A6 Plus

Apa yang ada dalam kemasan pembelian

Satu paket handphone Samsung Galaxy A6 Plus berisi unit Galaxy A6 Plus, catu daya USB dengan kabel yang cocok, alat ejector SIM, dan headset stereo. Kabel USB dihubungkan ke sisi catu daya dan terhubung ke Galaxy A6 Plus melalui port microUSB. Headset yang disertakan sangat cocok tidak hanya untuk melakukan percakapan dengan kualitas suara yang bagus dan pada volume tinggi, headset ini juga menghasilkan suara yang cukup baik untuk mendengarkan musik.

Selain aksesori yang disertakan dengan perangkat ini, beragam kesing, pelindung layar, kabel, headset, perangkat pengisian daya, dan banyak lagi yang dapat dibeli dari toko online Samsung. Handphone  cerdas ini dilengkapi dengan garansi 24 bulan, dan aksesori dalam garansi selama 12 bulan.

Galaxy A6 Plus Di balut Desain Logam Mewah

Seri Samsung Galaxy A dirancang dengan mempertimbangkan jenis pelanggan tertentu yaitu mereka yang menginginkan smartphone dengan tampilan sederhana dan kualitas manufaktur yang tinggi. Samsung Galaxy A6 Plus ialah handphone  solid yang terasa kokoh di tangan. Sebabnya ialah desain unibody logam yang menyelubungi bodinya ditambah perlindungan Corning Gorilla Glass.

Desain Galaxy A6 Plus agak tak biasa sebab konsumen sudah akrab melihat konstruksi kaca untuk handphone  seri A. Desain Galaxy A6 Plus memang terlihat bukan handphone  murahan. Meskipun sedikit lebih besar untuk penggunaan satu tangan dengan berat 191g tetapi  masih cukup nyaman untuk digunakan. Samsung Galaxy A6 Plus memamerkan sensor dual kamera di belakang, sensor sidik jari dan pita antena yang mengingatkan kita pada desain Galaxy J7 Pro.

Trim plastik di sepanjang antena tertutup digunakan untuk menyembunyikan modul wireless, GPS dan NFC yang memang dirancang untuk mencegah logam menghambat komunikasi. Sisi atas handphone  terlihat bersih sedangkan tepi bawah menyediakan ruang untuk port micro USB dan jack headphone 3,5mm. Dua slot untuk kartu SIM utama dan SIM kedua serta kartu memori juga terletak di sisi kiri perangkat.

Layar Full HD+ yang Memukau

Spesifikasi Galaxy A6 Plus menampilkan layar full HD + 6-inci (2560X1440p) menganut aspek rasio 18,5: 9. Panel yang digunakan ialah Super AMOLED berkualitas tinggi yang menjamin tampilan warna-warna cerah, rasio kontras yang sangat baik, warna hitam yang sangat pekat, serta tingkat kecerahan yang tinggi.

Kelebihan luar biasa dari layar OLED ini nyata dalam penggunaannya. Misalnya, di ruangan gelap, Galaxy A6 Plus tidak terlihat bila  gambar yang seluruhnya hitam ditampilkan di layar. Bahkan di siang hari, area gelap gambar terlihat sangat kaya dan sulit dibedakan dari tepian gelap di sekitar layar Samsung A6 Plus. Sesuai dengan janjinya, layar Galaxy A6 Plus sanggup  menawarkan pengalaman mendalam untuk bermain game, membaca, atau menikmati konten multi-media.

Fitur layar juga menampilkan mode Always On yang praktis untuk melihat waktu, tanggal, tingkat baterai, dan pemberitahuan notifikasi untuk panggilan dan alarm yang terlewat tanpa mengaktifkan layar.

Kinerja Standar

Mungkin yang menjadi kelemahan Galaxy A6 Plus ini ialah chipset yang digunakan. Handphone  hanya ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 450 dan unit grafis Adreno 506 yang umum ditemukan di handphone  murah seperti Redmi 5 dan Oppo A71 (2018).

Konfigurasi kelas menengah tersebut dilengkapi dengan ruang penyimpanan 32 GB dan RAM 3GB atau 4GB. Pengguna yang ingin memasang dua kartu SIM di handphone  Samsung ini tetap bisa melakukannya tanpa mengorbankan kartu microSD.

Dua slot di sisi kiri perangkat tersedia untuk menampung kartu-kartu tersebut. Memang bila  pengguna hanya memanfaatkannya untuk menjelajah, chatting, atau hal-hal ringan lainnya, mereka tidak akan mengalami masalah dalam hal kinerja. Tetapi  untuk multi-tasking atau game berat, Galaxy A6 Plus mulai menemui masalah. Pengguna akan mengalami aplikasi yang hang atau freeze, kecepatan refresh layar yang menurun, dan lambat saat bergerak dari satu layar ke layar lain.

Samsung Galaxy A6 Plus menawarkan berbagai cara untuk melakukan kontak dengan dunia luar. Selain mendukung jaringan GSM dan 3G, handphone  cerdas ini pun menawarkan koneksi 4G LTE Cat. 6 dengan kecepatan unduh maksimum hingga 300 MBit / s dan unggahan data hingga 50 MBit / s. Koneksi nirkabel sesuai dengan standar a / b / g dapat dibuat melalui modul WLAN terintegrasi.

Fingerprint di Belakang Galaxy A6 Plus

Sementara mekanisme sederhana seperti PIN atau input pola layar kunci berfungsi dengan baik di Galaxy A6 Plus ini. Lalu ada pembaca sidik jari di bagian belakang persisnya di bawah sensor kamera utama juga bisa digunakan membuka kunci telepon dengan mulus. Pengenalan wajah, di sisi lain sayangnya respon agak lambat. Dalam pengujian seringkali diperlukan lebih dari satu detik sebelum A6 Plus terbuka layarnya.

Kamera Bening Dual Sensor

Kinerja kamera didukung oleh fitur dual camera sebagai kamera utama di bagian belakang. Kombinasinya ialah sensor utama 16 megapiksel dengan lensa aperture f / 1.7 dan sensor sekunder 5 megapiksel dengan lensa aperture f / 1.9. Sensor tambahan tersebut ialah untuk efek kedalaman (depth of field) yang selanjutnya dibantu oleh mode “Live Focus” untuk menghasilkan dan menyesuaikan intensitas efek blur.

Detail tampak sangat tajam, area terang dan gelap jelas dibedakan satu sama lain, dan transisi warna sangat jelas. Kualitas close-up juga sama bagusnya. Untuk selfie, handset ini memiliki fitur sensor kamera 24 megapiksel dengan lensa aperture f / 1.9 dan lampu kilat LED yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang sangat rinci dan beresolusi tinggi.

Secara hasil, kamera Galaxy A6 Plus sudah sangat memuaskan. Kamera dapat memotret gambar yang bagus dengan akurasi warna dan rentang dinamis (dynamic range) yang lebar dalam kondisi pencahayaan yang memadai.

Samsung Galaxy A6 Plus sanggup  menangkap gambar bokeh dengan kamera depan dan belakang. Kamera belakang relatif mudah untuk menangkap gambar potret dengan latar belakang kabur dan deteksi tepi yang bagus berkat sensor tambahan dibandingkan dengan kamera depan yang semata-mata mengandalkan algoritma perangkat lunak. Selain itu, Bixby selalu siap untuk mengidentifikasi objek dalam bidang pandang kamera dan menampilkan informasi tentangnya.

Baterai Awet Seharian

Daya tahan baterai pada Galaxy A6 Plus cukup baik dengan kapasitas 3500mAh. Dalam suatu pengujian, setelah penggunaan wajar selama seharian, baterai masih menyisakan sekitar 20-25%. Dalam pengujian lain yang dirancang untuk mensimulasikan penggunaan sehari-hari, smartphone disetel pada tingkat kecerahan 150 cd / m≤ ternyata bisa bertahan selama kurang lebih 14 jam. Sayang tidak ada dukungan pengisian daya cepat (fast charging) dan pengisi daya (charger) yang dibundel membutuhkan sekitar 2 hingga 2,5 jam untuk mengisi penuh baterai dari 0-100%.

Harga Samsung Galaxy A6 Plus 2020

Secara umum Galaxy A6 Plus memiliki performa yang baik untuk layar, baterai dan kamera. Layar AMOLED menawarkan hasil memikat dengan rasio kontras dan sudut pandang yang baik sedangkan baterainya dapat dengan mudah bertahan hingga satu hari lebih, serta hasil kamera dalam pencahayaan yang baik tidak akan mengecewakan.

Harga Galaxy A6 Plus saat pertama kali dijual di Indonesia ditawarkan pada harga Rp.3,8 juta. Tetapi  saat ini di awal Februari 2020 harganya sudah mengalami koreksi dengan hanya dibanderol Rp.3 juta – Rp.3,2 juta saja sebagaimana yang ditawarkan di beberapa situs e-commerce tanah air. Untuk pilihan warna yang tersedia terdiri dari warna hitam, emas, biru dan lavender.

Leave a Comment