Tips Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi

Smartphone memang menjadi benda yang terbilang kebutuhan primer bagi hidup seseorang, di era serba digital ini seluruh informasi dan komunikasi sudah by phone semuanya, untuk itu agar ponsel yang kita miliki tetap awet maka diperlukannya perawatan secara intense dan penggunaan sesuai dengan aturan pakai setiap smartphone. Bagian-bagian pada smartphone tentunya memiliki sisi baik dan buruk yang dihasilkan, namun sering kali ada satu bagian khusus yaitu baterai yang selama ini menjadi perhatian penuh untuk terus dijaga karena bersifat sensitif. Apalagi jenis smartphone saat yang mayoritas menggunakan jenis baterai tanam, maka untuk itu diperlukannya perawatan yang hati-hati karena jika suatu saat baterai ini rusak maka tidak dapat digantikan dengan baterai yang lainnya, dan akibat kerusakan tersebut dapat mempengaruhi bagian-bagian sensitif lainnya pada smartphone. Untuk itu sobat, artikel ini akan memuat tips dan trik untuk menghemat baterai smartphone anda sekalian agar tetap awet tanpa menggunakan dukungan aplikasi.

  1. Dilarang bermain game saat sedang pengisian baterai

Bermain game memang menjadi hobi banyak orang khususnya kalangan remaja jaman now, untuk itu tidak heran jika sering kali ponsel teman-teman baterai nya mudah habis akibat menggunakan ponsel tidak sewajarnya atau tidak sesuai aturan pakai. Pengisian baterai memang perlu karena tidak baik apabila baterai ponsel dibiarkan habis hingga mati, karena hal tersebut akan merusak banyak sisi yang sensitif seperti software salah satunya. Dan sering kali juga daya baterai yang minimum tidak mendukung buat bermain game dengan lama, sehingga kalian memaksanya dengan mencharger ponsel meskipun sedang bermain games. Buat kalian-kalian yang masih melakukan hobi buruk ini, penulis sarankan untuk segera menghentikan kebiasaan yang dapat membuat baterai smartphone kalian rusak atau cepat habis. Dengan itu untuk tetap melakukan hobi bermain games, kalian harus menyisihkan waktu terlebih dahulu untuk mengisi daya baterai ponsel kalian dengan penuh setelah itu kalian dapat mengoperasikan ponsel tersebut untuk bermain games. Nah ada lagi gaes, disaat kalian sedang asyik bermain games juga harus memperhatikan kaidah aturan pakai ponsel kalian ya gaes, karena jika kalian menggunakan secara berlebihan maka akan berdampak pada baterai kalian yang over hot, akhirnya baterai kalian mengalami kerusakan sistem yang berakibat cepat habis daya baterai ponsel kalian.

  • Menonaktifkan smartphone disaat tidak sedang dioperasikan

Smartphone memang menjadi benda yang senantiasa mendampingi keseharian kita semua, sehingga terkadang ponsel yang kita miliki tetap aktif hingga 24 jam, untuk itu sering kali hingga lupa mengisi daya baterai karena sibuk dengan aktivitas kerjaan anda sekalian. Nah disaat tidak sedang dioperasikan, sebenarnya ponsel kita sedang aktif beroperasi karena banyak sekali aplikasi yang menguras baterai pada ponsel meskipun kita tidak sedang mengoperasikan aplikasi tersebut atau bisa disebut aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel kita sering kali menyedot daya baterai kita. Nah agar daya beterai teman-teman tetap awet dna hemat maka sangat dianjurkan untuk menonaktifkan smartphone kalian jika tidak sedang digunakan atau dioperasikan oleh teman-teman sekalian. Hal ini juga akan menghemat dari daya beterai teman-teman juga disisi lainnya, untuk itu aktivitas kerjaan kita juga bisa dapat terus berjalan dan ponsel teman-teman akan baik-baik saja. Dampak positif dari menonaktifkan ponsel yang tidak sedang dioperasikan adalah sebagai wujud untuk menghemat baterai kita, dan disisi lain kerjaan kita juga akan lebih fokus untuk pengerjaan nya karena tidak ada yang dapat mempengaruhi tingkat kefokusan kita lagi. Dan teman-teman juga bisa mengoperasikan lagi setelah sudah tidak ada kerjaan lagi dna ponsel akan tetap aman daya baterai nya karena tidak dikuras oleh aplikasi-aplikasi yang menyedot baterai teman-teman.

  • Menonaktifkan Aplikasi yang Menguras Baterai

Remaja saat ini memang kerap kali menjadi tawanan media sosial, untuk itu smartphone yang canggih dan berkapasitas besar menjadi sebuah impian pada kalangan remaja saat ini, untuk itu tidak salah jika smartphone yang dimiliki terdapat aplikasi yang banyak dan trendy, seperti Media sosial (Whatsapp, Telegram, Instagram, Facebook, dll), games, youtube, dll. Jenis aplikasi ini sering kali menyedot daya baterai pada ponsel meskipun aplikasi tersebut tidak sedang dioperasikan, untuk itu buat kalin-kalian yang memiliki aplikasi yang berkapasitas besar dan menyedot daya baterai sangat diharuskan buat kalian untuk menonaktifkan aplikasi tersebut apabila tidak sedang dioperasikan, sehingga ponsel yang dimiliki tidak mudah habis baterai nya dan sebagai cara untuk menghemat baterai pada ponsel yang dimiliki. Caranya buka pengaturan aplikasi pada ponsel kalian, setelah itu nonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak sedang dipakai dan sebelum menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang menyedot baterai, sebelumnya kalian harus mengecek terlebih dahulu rekapitulasi penggunaan baterai pada ponsel, sehingga kalian bisa menentukan jenis aplikasi mana yang akan kalian nonaktifkan. Hal ini sering terbukti untuk menghemat baterai pada ponsel, dan buat kalian yang ngerasa baterai ponsel kalian cepat habis, maka cara ini sangat dianjurkan buat kalian agar smartphone kalian tidak sering melakukan pengisian daya yang berakibat merusak baterai pada smartphone kalian.

  • Matikan Bluetooth dan paket data disaat tidak dipakai

Kesibukan memang sering melupakan hal-hal yang kecil, seperti mematikan mode paket data atau Bluetooth pada ponsel kita. Ternyata ketika smartphone yang tidak dioperasikan dapat menguras baterai dengan sendiri karena disebabkan mode Bluetooth dan paket data terus manyala, karena itu seperti sejumlah aplikasi whatsapp, line, dll akan terus beroperasi dengan sendirinya karena paket data pada ponsel kita sedang menyala. Nah buat kalian yang masih memiliki kebiasaan ini yuk segera hentikan dan pahami akibatnya, karena salah satu akibatnya adalah ternyata dapat menguras baterai baterai kalian, sehingga baterai kalian akan lebih boros dan cepat habis. Tentu kalian tidak menginginkan gaes dengan hal ini, maka mulai sekarang kalian harus lebih perhatian dengan ponsel kalian, karena dapat mengakibatkan hal-hal yang dapat merugikan ponsel kalian sendiri seperti menyalanya paket data dan Bluetooth terus menerus meskipun ponsel tidak sedang dioperasikan. Memang sudah banyak terbukti bahwa kedua mode ini memilki akibat buruk terhadap daya baterai pada ponsel gaes, untuk itu kalian juga bisa berhemat juga dengan paket data kalian agar tidak terkuras perlahan-lahan oleh aplikasi yang menyedot paket data seperti media sosial, karena aplikasi-aplikasi semacam ini menguras paket data yang cukup besar loh gaes, jika diketahui lebih teliti lagi bahwa kedua mode ini tidak hanya menguras baterai namun juga menguras paket data. Untuk mode Bluetooth juga ternyata memiliki dampak buruk terhadap ponsel kalian gaes, karena menyalanya fitur ini akan dengan tiba-tiba bisa terhubung dengan software lainnya sehingga baterai kalian cepat habis tentunya. Dengan cara yang sudah penulis sarankan, kalian tidak perlu mendownload aplikasi untuk menghemat baterai kalian gaes.

Leave a Comment