Aplikasi Video Conference Paling Irit Pemakaian Data, Apakah Hangouts, Zoom, Skype, atau Webex?

MyPonsel.Com, Aplikasi Video Conference Paling Irit Pemakaian Data, Apakah Hangouts, Zoom, Skype, atau Webex? – Selama Pandemi Corona alias wabah Covid-19, pemerintah dan banyak instansi atau swasta sudah memutuskan para karyawannya bekerja dari rumah atau yang lebih populer dengan istilah Work From Home (WFH).

Sebagai ganti bekerja dari kantor, maka karyawan yang WFH menggunakan aplikasi video conference untuk saling berkoordinasi dan kolaborasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Aplikasi video conferencing untuk banyak orang kini menjadi aplikasi yang selalu dicari. Trend nya bahkan menjadi trending topic.

Tahukah Kamu bahwa memakai aplikasi video conference berarti sama dengan menambah pemakaian data internet di kuota internet kita? Manakah Aplikasi Video Conference Paling Irit Pemakaian Data?

Salah satu operator telekomunikasi Indonesia yaitu Tri (3) berinisiatif melakukan uji coba terhadap empat aplikasi video conference yang sering digunakan masyarakat selama WFH.

Ke empat aplikasi itu adalah:

  1. Hangouts
  2. Zoom
  3. Skype
  4. Webex

Aplikasi diatas di uji dan di cek aplikasi mana yang paling irit dalam hal penggunaan data internet.

Kelancaran aplikasi video conferencing memang bergantung berapa banyak bandwidth yang tersedia. Apakah cukup atau kurang, akan mempengaruhi kualitas pembicaraan selama video conference berlangsung. Jika kebutuhan bandwith nya kecil maka akan dipastikan kualitas video nya mulus dan pembicaraan atau audio nya jelas dan jernih.

Uji coba yang dilakukan Tri dilakukan dengan memakai perangkat video conference yang sama untuk konferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi Zoom memakai data paling irit dengan kebutuhan bandwidth hanya sekitar 700 Kbps. Hasil keseluruhan seperti yang terlihat di grafik berikut ini:

Aplikasi video conference paling irit pemakaian data
Hasil uji coba pemakaian bandwith video conference

Di posisi kedua dan ketiga ditempati Skype dan Hangouts, dan aplikasi video conference yang paling boros pemakaian data adalah Webex.

Bandwidth yang kecil biasanya hanya butuh pemakaian data yang kecil, sehingga kita bisa menghemat konsumsi data yang dipakai selama conference.

Sebaliknya aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar pada umumnya memberikan kualitas video yang lebih baik. Selain itu kebutuhan bandwidth tiap aplikasi bisa bervariasi juga sangat tergantung pada perangkat yang dipakai.

So, itulah Aplikasi Video Conference Paling Irit Pemakaian Data yang bisa Kamu gunakan untuk Work From Home (WFH).

admin

Leave a Comment