Home / Tips / Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah
Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah
Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah

Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah

MyPonsel.Com, Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah – Sesuai namanya, NFC (Near Field Communication) berarti kedua perangkat yang dilengkapi dengan teknologi NFC dapat saling berkomunikasi jika dalam posisi berdekatan, sehingga Anda akan lebih mudah jika ingin bertukar data. Untuk bisa menggunakannya, terlebih dahulu NFC harus diaktifkan, nah berikut ini ada cara mengaktifkan NFC pada HP Android dengan mudah.

Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah
Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah

Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menerapkan cara mengaktifkan NFC pada HP Android dengan mudah adalah masuk ke menu Pengaturan (Settings)
  • Selanjutnya pilih “Pengaturan lainnya”
  • Nah, ketika Anda masuk ke menu “Pengaturan lainnya” itu cari pilihan “NFC”, namun pada sejumlah HP Android, fitur NFC ini letaknya ada di bagian “Pengaturan Jaringan” atau “Networks”
  • Selanjutnya Anda masuk ke bagian “Berbagi & Hubungkan” atau  “Share & Connect”
  • Kemudian aktifkan fitur NFC dengan cara menggeser ke posisi “On”

Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah melalui Shortcut

Selain masuk ke menu “Settings” pada HP Android yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC, ada satu lagi mudah, yaitu langsung mengaktifkannya melalui shortcut.

  • Untuk melakukan cara ini, langkah pertama adalah dengan swipe ke bawah
  • Lalu, Anda akan menemukan fitur NFC
  • Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengklik fitur NFC tersebut sama seperti ketika Anda ingin menyalakan fitur bluetooth ataupun wifi

Setelah mengetahui cara mengaktifkannya, tentunya Anda juga harus tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk mentransfer data antara kedua HP Android yang sudah dilengkapi fitur NFC sangat mudah caranya, namun Anda perlu memastikan terlebih dahulu telah memenuhi dua syarat berikut ini:

  • Kedua HP Android berfitur NFC harus berada dalam posisi saling berdekatan dengan jarak 10 cm
  • Kedua HP Android berfitur NFC yang akan saling bertukar data tidak boleh dalam keadaan sleep atau locked

Jika semua syarat sudah terpenuhi dan fitur NFC pada kedua HP Android tersebut sudah diaktifkan, maka langkah berikutnya adalah pilih data/file yang akan dikirim dari salah satu HP Android, lalu tempelkan kedua HP Android tersebut dalam posisi saling membelakangi.

Selanjutnya, tunggu nada yang mengkonfirmasi bahwa kedua HP Android tersebut sudah saling terhubung. Kemudian pada layar HP Android pengirim data/file akan muncul pop up “Touch to Beam” dan Anda tinggal mengklik layar setelah itu Anda hanya perlu menunggu proses pengiriman data/file selesai.

Baca Juga:

8 Aplikasi Galeri Foto untuk Android Terbaik Saat Ini

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah, jangan pisahkan kedua HP Android yang masih dalam proses bertukar data/file tersebut sebelum proses transfer data/file selesai. Jika proses pertukaran data/file tersebut sudah selesai maka akan terdengar nada sebagai konfirmasi dan pop up yang memberi tahu bahwa proses transfer data/file telah selesai.

Satu lagi hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan NFC adalah fitur ini bukan hanya dapat digunakan untuk transfer berbagai data antar HP Android yang sama-sama sudah dilengkapi dengan fitur NFC dalam bentuk file, audio atau video saja, melainkan juga bisa untuk berbagai keperluan lain, diantaranya seperti dapat digunakan untuk alat pembayaran, akses gerbang kereta atau transportasi umum lainnya, serta juga bisa digunakan untuk memindahkan jumlah saldo kartu e-money.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *