Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Tidak Punya Google PlayStore

MyPonsel.Com, Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Tidak Punya Google PlayStore – Huawei baru saja merilis duo ponsel flagship terbaru yakni Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro yang diluncurkan di Munich Jerman.

Huawei dengan pede menyatakan bahwa kedua ponsel flagship merekan itu tidak disupport oleh aplikasi Google seperti Google Maps, Google Play Services, sampai Google Play Store. Info resmi dari Huawei langsung dari CEO Huawei, Richard Yu, dalam acara peluncuran Huawei Mate 30 di Jerman menyebutkan bahwa mereka tidak mungkin menggunakan layanan Google Mobile Services (GMS), tetapi untuk kenyamanan pengguna Huawei, du Ponsel flagship mereka itu akan memakai layanan Huawei Mobile Services (HMS)CEO Huawei.

Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro
Empat kamera di Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro

Richard Yu juga menginformasikan bahwa pihak Huawei tidak bisa menanamkan GMS di duo Mate 30 dan Mate 30 Pro karena Huawei masih dilarang berbisnis dengan perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS), dan salah satunya adalah Google.

Huawei Mobile Services adalah mobile service mirip play store yang dikhususkan bagi ponsel-ponsel Huawei, HMS bahkan sudah jauh-jauh hari dipakai di China, jauh sebelum Huawei dilarang berbisnis dengan perusahaan AS.

Di China aplikasi Google dan layanan terkait memang diblokir oleh Pemerintah China. Lantas gimana kalau pemakai kedua ponsel tersebut ingin memasang aplikasi yang diinginkan? Huawei sudah mempersiapkan Huawei App Gallery.

Huawei menyatakan bahwa sudah ada 45.000 aplikasi yang ada di layanan Huawei Mobile Services. Huawei juga sudah menghabiskan dana 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun untuk pengembangan HMS.

Walaupun sudah ada Huawei App Gallery dan HMS, nampaknya Huawei harus meyakinkan para pengguna ponsel Mate 30 dan Mate 30 Pro di luar China yang belum terbiasa memakai Huawei Mobile Services.

Gimana dengan Kamu? Apakah mau menjajal Duo Ponsel Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro ini? Tanpa Google Play Store loh. Kita tunggu dan lihat perkembangannya apakah kedua ponsel anyar Huawei ini bakalan laku di Indonesia.

Leave a Comment