Samsung Galaxy Tab Active Pro, Tablet Handal dan Tahan Banting dengan S-Pen

MyPonsel.Com, Samsung Galaxy Tab Active Pro – Samsung terus membuktikan eksistensinya di dunia gadget sebagai brand papan atas, dengan meluncurkan Samsung Galaxy Tab Active Pro di ajang IFA 2019. Tab terbaru yang ciptakan terus di upayakan peningkatan dalam segi performa dan kualitasnya. Perangkat ini diciptakan tahan banting yang merupakan terusan dari Galaxy Tab Active 2 yang juga merupakan tablet tahan banting yang telah rilis sebelumnya.

Desain Samsung Galaxy Tab Active Pro

Dalam segi desain tab active pro semakin terlihat semakin elegan dengan satu varian warna yaitu hitam, dengan ukuran layar sekitar 10 inci yang beresolusi 1920 X 1200 piksel. Samsung Tablet ini diciptakan aspek rasio 16 : 9. Yang lebih unik lagi di keempat sudutnya memiliki bezel yang masih bisa dibilang besar. Produk ini bertipe layar sentuh kapasitif LCD, yang dilengkapi dengan 16 juta warna sehingga mampu menghasilkan foto yang sangat cantik dan detail.

Untuk ukuran tubuh tab tahan banting ini sekitar 243,5 X 9,9 mm dengan bobot tubuh sekitar 635 g ( 1,44 Ib ). Bahkan Samsung Galaxy Tab Active Pro telah dibekali sertifikat IP68 yang menjadikan produk ini tahan terhadap debu dan mampu bertahan di dalam air dalam waktu maksimal 30 menit dengan kedalaman air hingga 1,5 meter. Tablet ini memiliki model SM – T545, SM – T547.

Samsung Galaxy Tab Active Pro
Tablet Handal dan Tahan Banting dengan S-Pen

Produk ini semakin canggih dengan adanya dukungan dari DeX (Desktop eXperience) serta menggunakan penghubung Samsung dengan layar eksternal. Kedua pendukung tersebut membuat tablet memberikan pengalaman seolah menggunakan komputer desktop saat menyambungkannya ke layar serta televisi, serta tablet ini mampu bekerja saat pengguna memakai sarung tangan yang tebal sekalipun.

S – Pen juga mengiringi peluncuran tablet ini yang disematkan di bagian kiri atas yang berfungsi untuk mempermudah pengguna ketika akan mencoret, menggambar, serta mencatat dibandingkan harus memakai sentuhan aria tau keyboard. Selain itu penggunaan S – Pen juga menambah kesan elegan dan mahal tablet ini. Produk ini juga berhasil lolos dalam uji jatuh dari ketinggian hingga 1,2 meter, kelembaban, suhu rendah, suhu tinggi serta benturan yang dibuktikan dari sertifikat MIL – STD – 810G yang dimilikinya.

Kamera dan Fitur yang Melengkapi Samsung Galaxy Tab Active Pro

Dalam urusan kamera tablet Samsung ini dilengkapi dengan satu kamera utama atau kamera belakang dan satu kamera selfie atau kamera depan. Tablet ini sudah mampu mengambil foto dengan baik seperti hasil jepretan profesional sebab dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8 MP, serta kamera belakang beresolusi 13 MP. Meski tablet ini bukan gadget yang berfokus pada bagian kamera namun tetap dilengkapi dengan kamera yang berkualitas tinggi.

Samsung Galaxy Tab Active Pro
Kamera Samsung Galaxy Tab Active Pro

Untuk fitur dibagian kamera utama dilengkapi dengan LED flash, HDR, panorama, serta mampu menghasilkan video berkualitas karena memiliki 2160p @ 30 fps, 1080p @ 30 fps. Produk ini juga memiliki pengeras suara dan jack 3,5mm. fitur – fitur lain yang melengkapi kecanggihan tablet ini seperti olah pesan yang berupa SMS (tampilan berulir ), MMS, Email, IM. Sedangkan browsernya menggunakan HTML5 Samsung DeX. Pada bagian sensor dipasang sidik jari di bagian depan, accelerometer, gyro, kedekatan, serta kompas.

Prosesor, Memori RAM, dan Internal Storage

Samsung Galaxy Tab Active Pro memiliki memori RAM 4 GB, serta dilengkapi dengan memori internal dengan kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB storage serta 4 GB RAM. Selain itu Card Slotnya adalah microSD, up to 512 GB ( dedicated slot ). Performa produk ini semakin handal dengan adanya dukungan dari baterai berkapasitas 7.600 mAh , merk Li – Po yang tidak dapat dilepas, yang menjadi sumber energi sehingga mampu hidup lebih lama, namun tidak ada keterangan dalam urusan fast charging atau tidak.

Tablet ini memiliki chipset kelas atas yaitu Qualcomm SDM 710 ( 10 nm ). Selain itu CPU yang digunakan adalah Octa – core ( 2 X 2.0 GHz Kryo 360 Gold & 6 X 1.7 GHz Kryo 360 Silver ) serta GPU yang digunakan pada Samsung Tablet yang baru dirilis pada September 2019 ini adalah Adreno 616 yang menghasilkan performa bertenaga super. Produk ini berteknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa memberikan kinerja maksimal dalam melakukan komunikasi data.

Jaringan serta Koneksi

Samsung Galaxy Tab Active Pro memiliki jaringan dan koneksi yang kuat yang menghasilkan komunikasi suara yang jelas tanpa terputus, meski berada di tempat terpencil yang lemah koneksi. Selain itu komunikasi yang dihasilkan juga tidak akan mengecewakan dengan penggunaan internet yang super cepat. Jaringannya sendiri berteknologi GSM / HSPA / LTE. Selain itu jaringan lain juga tersedia seperti Band 2G yang berupa GSM 900 / 1800 / 1900.

Bukan hanya itu tablet Samsung ini juga memiliki jaringan yang berupa Band 3G yang berupa HSDPA 850 / 900 / 1700 (AWS) / 1900 / 2100. Yang terakhir jaringan yang terpasang adalah Band 4G yang berupa LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 4 (1700 / 2100), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), 12 (700), 13 (700), 17 (700), 20 (800), 28 (700), 38 (2600), 40 (2300) , 41 (2500), 66 (1700 / 2100). Untuk masalah kecepatan jaringannya sendiri tidak perlu diragukan sebab dilengkapi dengan HSPA 42.2 / 5.76 mbps, LTE – A yang super cepat.

Setelah kita membahas mengenai jaringan tablet Samsung ini secara rinci selanjutnya kita lihat dari segi koneksinya. Sebab tablet canggih jika tidak dilengkapi dengan koneksi yang memadai juga akan mengurangi daya tariknya. Berikut rincian mengenai koneksinya, seperti WLAN terdiri dari Wi – Fi 802 11 a / b / g / n / ac, dual – band, Wi – Fi Direct, serta hotspot. Bluetoothnya memiliki kecepatan mengirim data 5.0, A2DP, LE, sedangkan USBnya sebanyak 2.0, tipe – C 1.0 koneksi reversible. Selain itu tablet ini juga dilengkapi dengan NFC, namun untuk penambahan Radio tidak disertai.

Harga dan Ketersedian Samsung Galaxy Tablet Active Pro

Setelah melihat seluruh spesifikasinya banyak yang penasaran dengan harga dan ketersediaannya. Untuk harga tablet ini dibagi menjadi dua versi yang pertama dibandrol dengan harga 600 Euro atau sekitar Rp. 9,3 juta yaitu versi WiFi, sedangkan yang kedua dibandrol dengan harga 670 Euro atau sekitar Rp. 10,4 juta yaitu versi WiFi + 4G – LTE. Untuk ketersediaannya di pasaran mulai tanggal 1 Oktober 2019 mendatang di Jerman.

Untuk ketersediaannya Samsung Galaxy Tablet Active Pro di Indonesia belum diketahui secara pasti. Demikian untuk ulasan kali ini. sekian

admin

Penyuka Gadget, khususnya ponsel, saya sangat suka dengan kemunculan smartphone baru, banyak kejutan dan teknologi baru yang patut dinanti, kadang memberikan kejutan.
admin

Leave a Comment