Huawei Mate X 5G Resmi Meluncur di China, Harganya Rp 33 Juta

MyPonsel.Com, Huawei Mate X 5G Resmi Meluncur di China, Harganya Rp 33 Juta – Kabar terbaru dari China, Huawei produsen Ponsel raksasa Tiongkok secara resmi merilis Huawei Mate X 5G yang sudah mereka perkenalkan sebelumnya. Huawei menurut rencana akan meluncurkan Ponsel lipat Mate X 5G ini pada pertengahan tahun ini, namun karena alasan teknis ponsel lipat itu baru di rilis secara resmi bulan Oktober ini dan penggemar ponsel ini baru bisa membelinya mulai 15 November 2019 nanti, dan tentu saja hanya bisa dibeli di China sana. Belum diketahui kapan ponsel lipat Mate X 5G ini akan dilempar ke pasar Internasional, termasuk Indonesia.

Huawei Mate X 5G hanya dirilis untuk satu varian saja di China, yaitu varian dengan konfigurasi RAM 8 GB dan internal storage 512 GB.

Huawei Mate X 5G Resmi Meluncur di China
Huawei Mate X 5G Resmi Meluncur di China

Layar Huawei Mate X 5G

Bagaimana dengan layarnya yang menjadi keunggulan ponsel lipat ini? Dalam kondisi terlipat, maka layar Huawei Mate X di sisi depan akan berukuran 6,6 inci saja dengan rasio aspek 19,5:9 dan resolusi 2.480 x 1.148 piksel.

Sedangkan sisi belakang layarnya menjadi 6,38 inci dengan resolusi 2.480 x 892 piksel dengan rasio aspek 15:9.

Saat lipatan layarnya dibuka atau dibentangkan Mate X 5G akan berubah menjadi sebuah tablet dengan layar 8 inci aspek rasio 8:7:1 dan resolusi 2.480 x 2.200 piksel. Wow.

Huawei Mate X 5G
Huawei Mate X 5G

Huawei sudah memperkuat layar ponsel lipat ini dengan memakai material polymide berlapis ganda di layar ponsel Mate X, kekuatan layarnya dengan material ini menikat sampai 40 persen.

Layar Huawei Mate X tidak ada celah karena dilipat ke arah luar dan membentang sebagai layar penuh, hal ini berbeda dengan Galaxy Fold, layarnya dilipat kearah dalam dan sebenarnya memiliki dua layar yang dijadikan satu saat lipatannya dilepas.

Kamera Huawei Mate X 5G

Kamera Huawei Mate X 5G
Kamera Huawei Mate X 5G ini juga sudah dilengkapi dengan OIS dan AIS yang berfungsi menjaga kestabilan rekaman video

Huawei Mate X 5G dipersenjatai dengan empat kamera belakang yang terdiri dari:

  • Kamera wide 40 MP
  • Kamera telephoto 8 MP
  • Kamera ultra wide 16 MP
  • Sensor 3D (ToF)

Kamera Huawei Mate X 5G ini juga sudah dilengkapi dengan OIS dan AIS yang berfungsi menjaga kestabilan rekaman video.

Spesifikasi dan Fitur Lainnya

Ponsel lipat anyar Huawei ini memakai chip Kirin 980 sebagai senjata di daput pacunya. Untuk daya tahan ponsel Huawei Mate X ini mengandalkan baterai berkapasitas 4.500 mAh dan dilengkapi dengan SuperCharge 55W yang dapat mengisi daya sampai 85 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Untuk software yang digunakan Huawei masih merahasiakannya, Huawei tidak menyebut secara spesifik, hanya memberikan info bahwa ponsel Huawei Mate X memakai software khusus ponsel lipat sebagai OS untuk mendukung multitasking dua layar.

Lantas bagaimana dengan isyu bahwa aplikasi bawaan Google? Yes, aplikasi google tetap absen di Huawei Mate X ini. Huawei masih memakai aplikasi mereka sendiri. Untuk konektivitas Huawei Mate X ini tersedia dalam versi 5G.

Huawei juga hanya membuat unit Huawei Mate X ini limited edition alias edisi terbatas. Penjualan perdanya Huawei Mate X ini diberikan diskon sampai 50 persen untuk perbaikan dan penggantian layar.

Huawei juga diberitakan akan menyiapkan generasi penerus Huawei Mate X yang diberi nama Huawei Mate Xs. Huawei Mate Xs diplaningkan akan segera meluncur dengan resmi bulan Maret 2020 nanti dan akan tampil dengan chip baru dan sangat mumpuni, yakni Kirin 990 5G.

Harga Huawei Mate X 5G

Huawei mengumumkan akan menjual Huawei Mate X 5G dengan harga sebesar 16.999 yuan atau sekitar Rp 33,6 juta, ponsel lipat ini sudah dapat dibeli di Tiongkok mulai tanggal 15 November 2019. Harga Huawei Mate X 5G ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan ponsel lipat milik Samsung yakni Galaxy Fold yang dijual ke pasar dengan harga Rp 27,7 juta untuk varian termurah.

admin

Penyuka Gadget, khususnya ponsel, saya sangat suka dengan kemunculan smartphone baru, banyak kejutan dan teknologi baru yang patut dinanti, kadang memberikan kejutan.
admin

Leave a Comment